Kejuaraan sepak bola dunia tahun 2014 yang digelar di Brazil berakhir sudah dengan trophy tertinggi di tangan Jerman, setelah "der panzer" yang diarsiteki oleh Joachim Loew unggul 1-0 terhadap Argentina di babak final, Senin (14/6).

Kemenangan Jerman ditentukan oleh Mario Goetze, ketika pada menit ke-113 tendangan setengah voli yang dilakukannya berhasil menyarangkan bola di gawang Argentina yang dikawal Sergio Romero.

Meski demikian, catatan prestasi pada pesta olah raga paling bergengsi ini tidak hanya dimiliki Jerman.

Dari tim tanggo Argentina, Lionel Messi, mendapat penghargaan Sepatu Emas.

Bintang Barcelona dan peraih Penghargaan Pemain Terbaik Dunia sebanyak empat kali merupakan bagian kunci saat Argentina melaju ke Stadion Maracana, di mana ia empat kali terpilih sebagai pemain terbaik pada empat pertandingan.

Ia mencetak empat gol di turnamen ini, namun gagal meraih penghargaan utama setelah pemain pengganti Jerman Mario Goetze mencetak gol kemenangan pada menit ke-113 untuk mengakhiri harapan tim Amerika Selatan itu meraih gelar dunia ketiganya.

Sementara itu, Kiper Jerman Manuel Neuer memenangi penghargaan Sarung Tangan Emas Piala Dunia dengan menjadi kiper terbaik sepanjang turnamen.

Pemain Bayern Munich berusia 28 tahun itu diberikan penghargaan tersebut di Stadion Maracana Rio de Janeiro, beberapa saat setelah timnya dipastikan menjadi juara.

Ia mengungguli kompetitornya dari Argentina Sergio Romero dan Keylor Navas dari tim kejutan Kosta Rika.

Neuer hanya kemasukan empat kali sepanjang turnamen dan tidak kemasukan sama sekali saat mereka menang 1-0 atas Prancis di perempat final, dan saat mengalahkan Argentina di final.

Ia menggantikan kiper Spanyol Iker Casillas, yang menjadi kiper terbaik di turnamen 2010 di Afrika Selatan.

Dari Kolumbia, penyerang muda James Rodriguez menjadi pencetak gol terbanyak dengan koleksi enam gol. Meski negaranya tersingkir di fase perempat final, pencapaian pemain 23 tahun ini tidak dapat disamai.

Di antara separuh lusin gol karya Rodriguez, yang paling dikenang adalah penguasaan bola dengan dada dan diteruskan dengan sepakan voli saat melawan Uruguay.

Penyerang AS Monaco itu, yang sangat sukses dengan perannya menggantikan Radamel Falcao, juga mencetak gol saat mereka kalah 1-2 dari Brazil di perempat final.

Ia mencetak gol kedua saat melawan Uruguay pada putaran 16 besar, dan satu gol dari masing-masing pertandingan ketika Kolombia bermain di putaran pertama melawan Pantai Gading, Yunani, dan Jepang.

Thomas Mueller dari tim juara Jerman menduduki peringkat kedua dengan lima gol.

Penyerang Argentina Lionel Messi, bintang Brazil yang cedera Neymar, dan penyerang Belanda Robin van Persie, berbagi peringkat ketiga dengan koleksi empat gol.

Piala Dunia 2014 di Brazil berakhir dengan posisi Jerman juara I, Argentina II, Belanda III dan Brazil, sang tuan rumah, harus puas di urutan IV.

Tim-tim tersebut tentu berharap akan kembali berjaya di 2018, meskipun jalan panjang masih harus dilalui dan berbagai kejutan dan kemungkinan selalu akan menjelang. (AFP/Reuters)

Pewarta: Antara

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014