Ternate (Antara Maluku) - Polres Ternate, Maluku Utara, telah menyiapkan 150 personel untuk mengamankan laga persahabatan antara Persiter Ternate U-21 dengan Timnas PSSI U-19 di Gelora Kieraha, Malut, 22 Juli 2014.

Kapolres Ternate AKBP Anis Prasetyo Santoso mengatakan di Ternate, Rabu, personel yang disiapkan tersebut selain untuk pengamanan saat berlangsungnya laga persahabatan, juga saat timnas U-19 tahun diarak dari Bandara Babullah Ternate hingga ke kota Ternate.

"Selain lokasi tersebut, personel juga akan melakukan pengamanan road show saat timnas tiba di Ternate, dimana jalur road show juga kita amankan. Nantinya ada iring-iringan masyarakat yang akan melakukan penjemputan timnas," katanya.

Selain itu, personel juga akan diarahkan untuk pengamanan hingga di hotel tempat timnas U-19 ini menginap serta pengamanan di sejumlah titik lainnya serta perangkat pertandingan juga mendapat pengamanan kepolisian.

Ia mengatakan, selain aparat keamanan dari Polres Ternate, pengamanan juga akan diback-up aparat Polda Malut, termasuk pengawalan timnas. "Kita akan menempatkan 15 personel khusus yang melekat di timnas termasuk pengamanan wasit," ujarnya.

Dia berharap masyarakat kota Ternate tetap menjaga keamanan dan kenyamanan timnas U-19, sehingga ada kesan positif yang diperoleh timnas saat berada di Ternate.

Sementara itu, tiket pertandingan antara timnas U-19 dengan tim Persiter yang akan digelar 22 Juli mendatang, rencananya akan mulai dijual pada 18 Juli.

Sekum Persiter Hasby Yusuf ketika dikonfirmasi mengatakan, setelah memperoleh kepastian kedatangan timnas U-19 melalui Badan Tim Nasional (BTN), pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, termasuk tiket untuk pencinta sepakbola di Malut.

"Kita sudah dapat kepastian kedatangan timnas U-19 melalui BTN, jadi jadwalnya itu, tiba pada hari Selasa dan Rabu pekan depan akan dilakukan pertandingan," kata Hasby.

Dia menambahkan, untuk tiket pertandingan, panitia yang berkoordinasi dengan BTN telah menetapkan harga tiket sesuai standar Nasional dengan dua kategori masing-masing, untuk tribune terbuka sebesar Rp 50 ribu dan untuk tribune utama atau VIP sebesar Rp 150 ribu.

"Harga tiket ini, tidak ditentukan secara sepihak oleh kita, tapi melalui kesepakatan dan arahan dari BTN, karena ini laga bergengsi dan tim bergengsi, karena itu harga tiket menjadi indikator gengsi pertandingan," kata Hasby.

Bahkan kata dia, harga tiket yang disepakati di Ternate, masih tergolong murah, dibanding tempat lain, saat timnas berlaga, dimana sebagian harga tiket tersebut, akan disalurkan untuk misi kemanusiaan di Palestina, jadi setiap lembar tiket itu, akan dibuka Rp5000,- untuk disumbangkan kepada masyarakat Palestina, nantinya akan diumumkan sebelum kick off pertandingan.

Dia berharap, masyarakat kota Ternate bisa memberikan dukungan sekaligus membantu masyarakat Palestina dengan membeli tiket pertandingan antara timnas U-19 melawan Persiter Ternate pada 22 Juli.

Sementara itu, persiapan tim Persiter untuk menghadapi laga persahabatan melawan timnas U-19, terus dilakukan.

Anak asuh Arizon Hamadi, setiap sore rutin melakukan latihan di gelora Kieraha, meski dalam kondisi berpuasa. Kepada koran ini, asisten pelatih Persiter, Achmad Idrus atau lebih sering disapa Loja mengaku, persiapan tim Persiter cukup matang.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014