Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), menjamin stok Bahan Bakar Minyak (BBM) terutama jenis minyak tanah dan premium, aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setemoat selama Idul Fitri.

"Stok BBM terutama untuk jenis minyak tanah untuk kebutuhan masyarakat pada lebaran Idul Fitri dijamin tetap normal," kata Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate M Arif Gani di Ternate, Sabtu.

Ia menyatakan, Pemkot telah berkoordinasi dengan pihak PT Pertamina untuk memenuhi stok BBM itu, terutama untuk jenis minyak tanah.

Petugas PT Pertamina mengatakan pada lebaran Idul Fitri tahun ini, stok BBM jenis minyak tanah tetap memenuhi kuota masyarakat Kota Ternate.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak PT Pertamina guna membahas soal kesiapan stok BBM jenis minyak tanah, dan kami telah mendapat konfirmasi bahwa stok BBM jenis minyak tanah masih tetap aman untuk keperluan masyarakat di lebaran ini," ujarnya.

Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir atas kelangkaan BBM, khususnya minyak tanah, karena Pertamina sudah menyediakan stok bagi masyarakat semenjak Ramadan sampai memasuki Idul Fitri tahun ini.

Menurut dia, BBM jenis minyak tanah nantinya disalurkan ke beberapa agen minyak tanah yang tersebar di Kota Ternate.

"Nantinya BBM jenis minyak tanah itu disalurkan melalui sejumlah agen yang tersebar di Kota Ternate, baru masyarakat di kelurahan setempat dapat membeli minyak tanah di agen yang sudah mendapat stok BBM jenis minyak tanah," katanya

M Arif juga menjamin stok kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) untuk kebutuhan masyarakat menjelang H-2 masih tetap normal.

"Kami menjamin stok sembako pada Idul Fitri ini terpenuhi, karena berdasarkan laporan yang disampaikan sejumlah distributor barang di Kota Ternate melalui rapat yang digelar tersebut mengaku, stok bahan pokok masyarakat yang dipersiapkan menjelang bulan Ramadan masih tetap aman," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014