Ternate (Antara Maluku) - Pelabuhan Feri Bastiong Ternate, Maluku Utara, pada H+1 lebaran Idul Fitri dibanjiri penumpang dari Ternate yang berangkat menuju Pulau Tidore, Sofifi, ibukota Provinsi Malut dan Sidangoli, Kabupaten Halmahera Barat.

Kepala ASDP Indonesia Feri Cabang Ternate Hasan Lessy mengatakan di pelabuhan Bastiong Ternate, Selasa, para penumpang tersebut bukan arus balik lebaran, tetapi warga Ternate yang akan bersilaturahmi pada keluarga mereka yang di Pulau Tidore, Sofifi dan Sidangoli.

Membanjirnya penumpang di Pelabuhan Feri Bastiong tersebut, disikapi ASDP setempat dengan cara menambah frekuensi trip penyeberangan, untuk Bastiong-Rum Tidore misalnya ditambah dari delapan trip menjadi 12 trip sehari.

Sedangkan untuk lintasan Bastiong-Sofifi ditambah dari empat trip menjadi delapan trip, bahkan pada lintasan ini juga disiapkan tambahan satu kapal feri yakni KMP Arwana khusus untuk mengangkut penumpang, sementara untuk kapal Feri lainnya disiapkan mengangkut kendaraan dan penumpang.

"Jumlah penumpang yang berangkat dari Ternate ke ketiga jurusan tersebut hingga Selasa Siang mencapai 3000 lebih, sebagian besar penumpang untuk tujuan Bastiong-Rum Tidore dan untuk kendaraan roda dua sebanyak 1400 unit dan kendaran roda empat sebanyak 300 unit," kata Hasan.

Pihak ASDP Indonesia cabang Ternate menjamin akan mengangkut semua penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan Feri melalui Pelabuhan Bastiong, karena telah menyiapkan sebanyak delapan kapal yang siap dioperasikan dari pagi hingga malam hari.

Ia mengatakan, kondisi kepadatan penumpang di Pelabuhan Bastiong Ternate, baik yang berangkat maupun tiba diprediksi akan terus berlangsung hingga H+7 lebaran Idul Fitri dan puncaknya diperkirakan pada hari H+6 dan H+7, karena pada hari itu berakhir cuti lebaran.

Sementara itu, pada pelabuhan lainnya di Ternate, seperti Pelabuhan Dufa-Dufa dan Kota Baru, penumpang yang menggunakan jasa transportasi speedboat dan perahu motor untuk tujuan antar-pulau di Ternate, belum menunjukkan kepadatan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014