Ambon (Antara Maluku) - Maskapai penerbangan Avia Star saat ini melayani sejumlah rute penerbangan perintis di Maluku, menggantikan PT Merpati Nusantara Airlines yang dinyatakan palit oleh pemerintah.

Kabid Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Maluku, Jhon Rante, dikonfirmasi, Kamis, mengatakan Avia Star melayani rute Ambon-Namlea (Buru), Ambon-Namrole (Buru Selatan), Ambon-Amahai, Ambon-Wahai, dan Ambon-Banda (Maluku Tengah).

Selain itu, Ambon-Bula (Seram Bagian Timur), Ambon-Kisar (Maluku Barat Daya), Kisar-Saumlaki (Maluku Tenggara Barat)-Saamlaki-Larat ( Maluku Tenggara Barat) dan Larat-Tual (Maluku Tenggara).

John Rante menyambut baik pelayanan Avia Star yang memang dibutuhkan pengguna jasa penerbangan untuk rute perintis.

"Pelayanannya ke bandara yang landasan pacunya 900 meter dan lebar 30 meter sehingga mengoperasikan pesawat dengan kapasitas angkut 16-18 tempat duduk," ujar Jhon.

Pelayanan Avia Star rute Ambon-Namrole dipertimbangkan pada 2015 menjadi jalur komersial dengan beroperasinya maskapai Trigana Air, katanya.

Trigana Air telah beroperasi Ambon-Namrole pergi pulang (pp) empat kali sepekan dengan tiket Rp 550.000-Rp600.000/penumpang.

Sedangkan Avia Star tiketnya Rp235.000-Rp250.000/penumpang.

"Jadi nantinya dievaluasi pihak manajemen maskpai penerbangan dan Dinas Perhubungan Maluku, berkoordinasi dengan Pemkab Buru Selatan. Calon penumpang dari Namrole, ibu kota Kabupaten setempat masih antre," kata Jhon.

Buru Selatan dimekarkan dari Kabupaten Buru dengan UU Nomor 32/2008 tertanggal 21 Juli 2008 bersamaan dengan Maluku Barat Daya(MBD) dari Maluku Tenggara Barat(MTB) berdasarkan UU No 31/2008.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014