Ambon (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar aksi donor darah memperingati HUT TNI ke-69 tahun 2014 sebagai salah satu kegiatan rutin dan bentuk pelayanan kepada masyarakat.

"Aksi donor darah tidak hanya dilakukan di Kodam XVI/Pattimura, tetapi serentak di seluruh Indonesia dalam memperingati HUT TNI ke-69," kata Pangdam Mayjen TNI Meris Wiyardi, di Ambon, Selasa.

Menurut dia, kegiatan ini diikuti seluruh jajaran anggota TNI Angkatan Darat,Laut dan Udara serta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku.

Aksi tersebut merupakan bentuk dukungan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sumbangan darah jajaran TNI terbanyak.

Kegiatan ini, kata Pangdam merupakan agenda rutinitas TNI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yakni mendonorkan darah sebagai bentuk sumbangsih kepada yang membutuhkan.

"Tugas anggota TNI bukan hanya bentuk bela negara, akan tetapi pendekatan kepada masyarakat juga dilakukan melalui aksi donor darah," katanya.

Hal ini juga, lanjutnya sebagai upaya mendekatkan diri antara TNI dengan masyarakat serta instansi terkait lainnya, serta memberikan kontribusi kepada masyarakat membutuhkan darah pada saat darurat.

"Diharapkan aksi donor darah yang dilakukan TNI, bisa memotivasi instansi yang lain untuk mengikuti kegiatan yang serupa dan juga dapat menggugah rasa sosial kemanusiaan masyarakat untuk peduli terhadap sesama," ujarnya.

Ia menjelaskan, aksi donor darah berhasil dikumpulkan 500 kantong darah untuk didistribusikan ke PMI serta Rumah Sakit di kota Ambon.

"Stok darah di PMI maupun rumah sakit di kota Ambon sering terbatas, sedangkan pasien yang membutuhkan darah sangat banyak," kata Pangdam.

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014