Ambon (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura akan menyumbangkan darah sebanyak 1.000 kantong untuk masyarakat Maluku melalui PMI Ambon dalam rangka memperingati HUT ke-69 TNI pada 5 Oktober 2014.

"Kami para pejabat dan para prajurit TNI di jajaran Kodam XVI/Pattimura, melakukan aksi donor darah untuk disumbangkan kepada masyarakat Maluku yang membutuhkannya," kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi di sela-sela pengambilan darah di Ambon, Selasa.

Menurut Pangdam, aksi donor darah ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia dalam dua gelombang. Untuk gelombang pertama pada Selasa ini Kodam XVI/Pattimura menyumbangkan sebanyak 532 kantong darah dan pada gelombang kedua akan menyumbangkan lagi sebanyak 468 kantong darah.

"Jatah untuk Kodam XVI/Pattimura sebanyak 1.000 kantong darah, dan hari ini kami menyumbangkan sebanyak 532 kantong dan sisanya sebanyak 468 kantong akan disumbangkan pada donor darah gelombang kedua," kata Pangdam Meris.

Menurut Pangdam, donor darah yang dilakukan TNI yang melibatkan tiga angkatan yakni darat, laut dan udara memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi kepada orang-orang yang memerlukan bantuan darah.

"Di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Maluku banyak kekurangan darah sementara banyak juga orang yang membutuhkan darah," katanya.

Karena itu, lanjut Pangdam, untuk memenuhi kebutuhan darah perlu bantuan semua pihak termasuk TNI yang peduli terhadap orang-orang yang sanagat membutuhkan darah khususnya orang yang dalam kondisi kritis.

"Insyah Allah, diharapkan darah yang kami donorkan pada hari ini semuanya sehat setelah pemeriksaan di labiratorum PMI Ambon karena sebelum darah tersebut distribusikan harus disteril dan dipastikan darah-darah sehat sebelum digunakan," ujar Pangdam Meris.

"Donor darah yang dilakukan oleh jajaran TNI merupakan bentuk kesukarelaan untuk menyumbangkan darahnya kepada orang-orang yang sangat membutuhkan," tambah Pangdam.

Karena itu, diharapkan darah disumbangkan oleh TNI melalui kegiatan donor darah pada hari ini dapat bermanfaat bagi orang-orang yang sangat membutuhkannya.

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014