Ternate (Antara Maluku) - Ketua PDIP kota Ternate, Maluku Utara (Malut), Merlisa menjabat sebagai Ketua DPRD sementara bersama Ketua PPP Mubin A Wahid, karena merupakan peraih suara terbanyak di pemilu legislatif 9 April 2014.

"Sebagai partai pemenang dalam pemilihan legislative, saya terpilih sebagai Ketua DPRD dalam paripurna Istimewa pelantikan anggota DPRD terpilih masa bhakti 2014-2019 tersebut," kata Merlisa di Ternate, Selasa.

Merlisa saat pemilu legislatif berhasil meraih suara 3.413 suara, atau unggul jauh dari enam caleg lainnya di daerah pemilihan 2 Kota Terrnate Utara, sedangkan Wakil Ketua DPRD sementara, Mubin Wahid meraih 1.752 suara.

Merlisa mengatakan, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebelum pimpinan DPRD terbentuk secara devenitif, maka DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara yang terdiri atas sesorang Ketua dan seorang wakil ketua yang berasal dari dua partai Politik peraih kursi terbanyak.

Mengingat, partai pemenang kursi terbanyak adalah PDIP dan PPP maka sesuai dengan hasil kesepakatan dari PDIP yang dipilih sebagai ketua sementara sambil menunggu penetapan ketua devenitif.

"Jadi, sebagai pimpinan sementara DPRD mempunya tugas pokok antara lain memimpin rapat-rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, menyusun rancangan peraturan dan tata tertib DPRD dan melaksanakan proses penetapan pimpinan DPRD Devenitif, untuk itu dipilih sebagai ketua DPRD sya tetap siap dan optimis menjalankan tugas-tugas dan fungsi sebagai pimpinan," ujarnya.

Dengan adanya kepercayaan yang telajh diberikan oleh masyarakat dan anggota DPRD yang lainya mudah-mudahan bisa bekerja sama dalam melayani masyarakat sesuai dengan aturan dan tata tertib yang ada.

Dari 30 anggota DPRD Kota Ternate yang dilantik tersebut terdiri dari empat orang dari PDIP, empat orang dari PPP, tiga orang dari Golkar, tiga orang dari Demokrat, tiga orang dari Nasdem, dua orang dari PAN, dua orang dari Hanura, dua orang dari PBB, dua orang dari Gerindra, dua orang dari PKS dan dua orang dari PKB dan satu orang dari PKPI.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014