Ternate (Antara Maluku) - Pemkot Ternate, Maluku Utara (Malut), secara resmi telah membuka pendaftaran secara online untuk mengisi 148 formasi yang disediakan. bagi pelamar umum yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
 
"Pendaftaran CPNS resmi dibuka hari ini, sedangkan untuk tanggal penutupan nanti ditetapkan 2 Oktober 2014. Syarat dan informasi penerimaan dapat dilihat langsung di mading Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ternate," kata Kabid Pengembangan Pegawai BKD Kota Ternate Prinursanti Andili di Ternate, Kamis.

Ia mengatakan, tata cara pendaftaran, para pelamar umum tetap menggunakan sistem online, yakni pelamar hanya cukup melakukan registrasi pendaftaran melalui website Menpan kemudian ada petunjuk dari Panselnas, tetapi yang paling terpenting yaitu para pelamar umum harus memenuhi persyaratannya.

"Cara pendaftarannya masih sama dengan sebelumnya, yaitu secara online, itu nanti dituntun, dan hasilnya sudah tersedia di Menpan, yang penting dia punya persyaratan tes," katanya.

Selain itu, kata Prinursanti, Pemkot Ternate juga menyediakan dua jabatan khusus Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang notabenenya putra daerah sendiri, dua jabatan itu adalah Jabatan Administrasi umum dengan kualifikasi pendidikan yaitu SMK, DI Komputer dan DII Komputer, serta Jabatan Satpol PP dengan kualifikasi pendidikan yaitu S1 Hukum, DII Semua Jurusan dan SMA.

"Dua jabatan itu sudah dibicarakan oleh Walikota Ternate, Setda Kota Ternate dan Kepala BKD Kota Ternate yang sementara ini sedang menjalankan ibadah rukun haji, tapi itu harus dibuktikan dengan SK dan akan ditampilkan dalam persyaratan tes Menpan," katanya.

Meski begitu, saat ini, pihaknya sedang persiapkan beberapa surat terkait dengan pemantapan koordinasi dengan pihak UPT Laboratorium Informatika Fakultas Teknik Unkhair untuk pelaksanaan tes CPNS nanti.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan konsultasi dengan pihak Pembangkit Listrik Negara (PLN) Cabang Ternate agar pada saat pelaksanaan nanti tidak terjadi pemadaman listrik.

"Karena tes CPNS menggunakan sistem Commputer Assisten Test (CAT), maka saat ini kita sedang menunggu Sekkot M Tauhid Soleman balik baru kita komunikasikan dengan pihak Unkhair dan PLN agar tidak terjadi gangguan pada saat pelaksanaan tes berlangsung," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014