Daniel Leonard
Ambon, 25/9 (Antara) - Sebuah ledakan hebat di atas kapal landen Sumber Anugerah, yang sedang doking, telah mengakibatkan seorang pekerja PT. Dok dan Perkapalan Wayame Ambon tewas mengenaskan.

"Polisi masih melakukan oleh tempat kejadian perkara untuk melakukan penyelidikan mendalam, namun untuk sementara ledakan ini kemungkinan dipicu percikan bunga api las," kata Kapolres Pulau Ambon dan PP Lease, AKBP Agung Tribawanto di Ambon, Kamis.

Ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIT dan didengar masyarakat Kota Ambon sekitar radius satu kilo meter.

Menurut Kapolres, landen tersebut memiliki palka tempat menampung Bahan Bakar Minyak, sehingga seorang pekerja yang diketahui bernama Sahrody alias Edy melakukan pengelasan di atasnya.

"Tempat bekas penampungan BBM ini agak tertetutup namun masih mengandung gas, sehingga saat percikan bunga api las dari korban memicu ledakan besar," jelas kapolres.

Korban terlempar sejauh 251 meter dengan ketinggian lebih dari empat meter kemudian menghempas sebuah tiang bangunan dan jatuh ke tanah dalam kondisi hancur.

"Untuk sementara kami masih melakukan penyelidikan dan pihak keluarga juga masih dalam kondisi trauma, tapi yang jelas korban hanya satu orang yang meninggal dunia, sedangkan warga atau pekerja lain yang terluka belumm diketahui," ujar Kapolres.

Korban melakukan pengelasan di atas kapal tapi dia tidak mengantisipasi adanya tempat bekas penampungan BBM yang mengandung gas sehingga mudah meledak saat terkena percikan bunga api.

Polisi juga akan meminta keterangan sejumlah pekerja, pemilik kapal landen maupun direksi PT. Dok dan Perkapalan Wayame Ambon.

"Untuk sementara, jenazah korban kami bawa ke RS Bhayangkara Tantui untuk divisum," ujar Kapolres.  

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014