Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, menjadwalkan 15 Okttober 2014 sebagai hari pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara "online" di gedung Universitas Khairun.

"Pusat pelaksanaan tes di lantai 4," kata Kabid Pengembangan Pegawai BKD Kota Ternate Prinursanti Andili, di Ternate, Selasa.

Prinursanti mengungkapkan, terkait dengan kesiapan pelaksanaan tes CPNS, pihak UPT Laboratorium Unkhair saat ini telah menyiapkan semua perangkat tes yang dibutuhkan.

"Mereka sudah menyiapkan segala perangkat tes sesuai dengan surat yang kami sampaikan dan diharapkan tak terjadi penundaan," ujarnya.

Sesuai dengan prosedur baku operasi lima plus tiga, maka untuk kesiapannya dirampungkan sebanyak 70 peserta plus cadangan yang ada dalam satu kali pelaksanaan tes, sementara untuk sesi tes akan diupayakan sebanyak lima dalam sehari.

"Kalau dimungkinkan bisa dilaksanakan lima giliran, maka kami akan lakukan tes selama satu setengah jam, tapi itu tergantung dari pengelola UPT laboratorium," ujarnya.

Dia menambahkan, karena sampai saat ini jumlah peserta yang sudah terdaftar sebanyak 2.000 lebih, maka diestimasikan bisa mencapai 3.000 orang sampai pelaksanaan tes.

Mengenai gangguan pada server, ia mengemukakan, ini tidak hanya terjadi di Kota Ternate, karena diatur langsung oleh Panselnas pusat.

Ditanya kendala lain yang dihadapi peserta pada saat mendaftar, dia mengungkapkan, ada data NIK yang ditolak sistem.

"Memang masih ada kendala lain seperti NIK yang sering ditolak sistem, tapi itu tidak seperti pada hari kedua dan ketiga," ujarnya.

Selain itu dia juga mengaku, ada beberapa pelamar yang belum memahami persyaratan untuk mengisi dua jabatan yang dikhususkan untuk pegawai tidak tetap (PTT), sehingga ada pelamar yang bukan PTT Pemkot Ternate yang mendaftar dan mengantar berkas ke BKD.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014