Ambon (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar lomba yel-yel antarsatuan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-69 TNI Ke-69 tanggal 5 Oktober 2014.

"Yel-yel merupakan ekspresi jati diri prajurit dengan teriakan lantang, gerakan serempak dan kompak sehingga menimbulkan kekuatan yang luar biasa di medan pertempuran," kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi, di Ambon, Selasa.

Lomba yel-yel diikuti para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS dari seluruh satuan di jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Sebanyak 24 satuan yang terdiri dari satuan tempur, bantuan tempur, Badan pelaksana Kodam bersaing dan berebut untuk menampilkan yang terbaik.

Menurut Pangdam, TNI perlu menumbuhkan semangat kekompakan, tidak memandang pangkat maupun golongan, baik perwira, Bintara, Tamtama maupun PNS dari seluruh satuan.

"Saya bangga hari ini melihat semangat dan kekompakan yang ditunjukkan seluruh Prajurit Kodam XVI/Pattimura," kata Pangdam Meris.

Koordinator lomba Wadan Rindam Letkol Inf. Rahmat Mangku Sasmita mengatakan, dari hasil penilaian tim tidak ada yang menang dan kalah karena seluruh satuan telah menampilkan yang terbaik.

"Namun kata Letkol Rahmat, harus ada yang terbaik yang keluar sebagai pemenang," katanya.

Selanjutnya, setelah tim menentukan penilaian dari segala aspek baik kekompakan, penampilan, semangat dan keterampilan setiap satuan, maka ada tiga satuan yang memperoleh nilai terbaik, yakni Yonif 733/Raider sebagai juara pertama dengan jumlah nilai sebanyak 412,5.

Kemudian juara kedua Denkav 5/Blc dengan jumlah nilai sebanyak 409,8 dan juara tiga dari satuan Denmadam XVI/Pattimura dengan jumlah nilai sebanyak 404,2.

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014