Ambon (Antara Maluku) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Ambon menargetkan juara umum pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Maluku III yang dijadwalkan berlangsung 21 - 27 November 2014.

"Kami optimistis kontingen Kota Ambon akan kembali menjadi juara umum Popmal III yang akan dilaksanakan di Ambon," kata Ketua Harian KONI Kota Ambon, Jan Haumasse di Ambon, Kamis.

Menurut dia, menghadapi even tersebut pihaknya menyiapkan 332 atlet untuk mengikuti 15 cabang olahraga yang dipertandingkan.

"332 atlet akan mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan nanti. Saat ini seluruh atlet sementara dalam proses pemusatan latihan indoor maupun outdoor," katanya.

Jan mengatakan, seluruh kontingen akan dikukuhkan pada 31 Oktober 2014, setelah melakukan pemusatan latihan.

15 cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya, sepak bola, bola volly, tenis meja, bulu tangkis, karate, silat, taekwondo, kempo, judo, catur, basket, balap motor, tinju, atletik, bridge.

"Cabang unggulan kami yakni tinju, atletik, tetapi kami optimistis semua cabang berpotensi meraih medali emas," ujarnya.

Ia mengakui, pihaknya tidak meremehkan kabupaten/kota lain di Maluku, tetapi dari sisi persiapan dan fasilitas pendukung Kota Ambon lebih unggul.

"Atlet dari masing-masing cabang olahraga yang memiliki kualitas telah siap untuk bertanding dan meraih emas pada even olahraga tingkat provinsi Maluku," katanya.

Ketua Pengurus Kota (Pemkot) Pertina Ambon, Brury Nanulaita mengatakan, pihaknya telah melakukan seleksi petinju untuk dipersiapkan ke Popmal III.

"Saat ini sudah terdaftar 37 petinju, baik putra maupun putri dengan harapan saat seleksi yang berlaga lebih dari 40 atlet," ujarnya.

Dia menambahkan, seleksi melibatkan wasit dan hakim yang diarahkan memberikan penilaian objektif agar terjaring petinju yang nantinya menjalani pemusatan latihan (tc), selanjutnya diterjunkan di Popmal III dengan harapan mengukir prestasi terbaik.

"Tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang diandalkan mendulang medali emas guna mempertahankan juara umum diraih dua penyelenggaraannya sebelumnya," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014