Ambon (Antara Maluku) - Sejumlah Partai politik dimotori PDI Perjuangan menggelar acara syukuran pelantikan pasangan Joko Widodo - Jusuf Kalla sebagai Presiden - Wakil Presiden RI periode 2014 - 2019, di Ambon, Senin.

Acara syukuran secara sederhana di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan, di Ambon, tersebut dihadiri sejumlah pimpinan parpol pendukung di antaranya Partai Nasdem, Hanura, PKPI dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebelum syukuran dilaksanakan, seluruh komponen pendukung ikut menyaksikan seluruh tahapan pelantikan pasangan Presiden - Wakil Presiden Joko Widodo - Jusuf Kalla melalui layar lebar yang disediakan di kantor DPD PDI Perjuangan tersebut.

"Acara syukuran ini dilakukan secara sangat sederhana sesuai dengan karakter Presiden terpilih Joko Widodo dengan melibatkan parpol pendukung maupun relawan di Ambon dan sekitarnya," kata Lucky Wattimury selaku sekretaris Pemenangan Tim Jokowi - JK.

Lucky yang juga menjadi inisiator acara syukuran pelantikan tersebut juga mengatakan, kegiatan tersebut juga mengawali kerja bersama partai pendukung koalisi Indonesia hebat (KIH) di Maluku, khususnya untuk mendukung program pembangunan di daerah ini.

"Koalisi ini bersepakat untuk kerja sama membangun Maluku yang lebih baik, bermartabat dan sejahtera di masa kepemimpinan pasangan Joko Widodo - Jusuf Kalla sebagai Presiden - Wakil Presiden hingga lima tahun mendatang," katanya.

Ketua Tim Pemenangan provinsi Maluku Evert Kermite mengatakan acara yang digelar secara sederhana tersebut untuk mensyukuri seluruh perjuangan yang telah dilakukan sejak pencalonan hingga pelantikan pasangan Jokowi - Jusuf Kalla sebagai Presiden - Wakil Presiden RI periode 2014 - 2019.

Dia menegaskan, seluruh partai pendukung dan relawan di Maluku akan terus bekerja keras, terutama mendukung dan merealisasikan program kerja yang diusung pasangan Presiden - Wapres beserta kabinet yang akan dibentuk.

"Kendati pada akhirnya tidak ada putra terbaik Maluku yang dipercayakan menduduki jabatan pada kabinet, tetapi parpol koalisasi, relawan serta seluruh komponen masyarakat akan terlibat bersama dalam seluruh proses pembangunan serta kemajuan bangsa dan negara lima tahun mendatang," ujar Evert.

Evert menegaskan tentang komitmen Presiden Joko Widodo untuk membangun kawasan Indonesia Timur termasuk Maluku, terutama percepatan pembangunan dan penyediaan infrastruktur dasar.

"Bapak Jokowi saat ini telah menjadi Presiden untuk seluruh bangsa Indonesia, tetapi Presiden Jokowi dalam beberapa pertemuan telah berjanji memperhatikan Indonesia Timur khususnya Maluku dari berbagai ketertinggalan pembangunan," katanya.

Dia berharap Presiden Joko Widodo juga bersedia untuk berkunjung ke Maluku guna melihat langsung kemajuan pembangunan serta menyerap berbagai masalah yang dihadapi pemerintah dam masyarakat untuk membangun provinsi dengan karakter kepulauan tersebut.

"Jika dimungkinkan kami minta Presiden Joko Widodo berkunjung ke Maluku saat perayaan Natal Desember mendatang, sehingga dapat menyaksikan secara langsung kehidupan dan toleransi antarumat beragama di provinsi ini," katanya.

Acara syukuran tersebut juga diisi hiburan musik yang menampilkan penyanyi lokal, di samping petinggi partai politik juga didaulat untuk bernyanyi dan merayakan kegembiraan tersebut.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014