Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan, dari 148 formasi CPNS yang diberikan Kemenpan RB hanya 103 peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS.

"Berdasarkan data pada Bada Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ternate, jumlah peserta yang mendaftar pada seleksi CPNS tahun 2014 di Pemkot Ternate, sebanyak 1.882 peserta, namun yang mengikuti seleksi hanya 1.847, atau 35 peserta tidak mengikuti seleksi," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ternate, H Junus Yau di Ternate, Sabtu.

Menurutnya, para peserta yang lulus dalam seleksi CPNS Kota Ternate, hanya 103 dari 148 formasi yang diberikan oleh Kemenpan RB.

Dengan demikian, terdapat 45 formasi yang tidak terisi dan Pemkot kata dia, sudah berupaya melobi ke Panselnas, agar 45 formasi yang kosong digeser ke formasi yang banyak pesertanya MP (Memenuhi Persyaratan). Misalnya pada formasi Epidemiologi Kesehatan, Analis Keuangan, Analis Anggaran, Analis Data dan Informasi, Penyuluh KB, serta Pengadministrasian Umum.

Tetapi, pihak Panselnas dan Kemenpan, telah mengeluuarkan surat yang ditujukan ke seluruh daerah, yang intinya tidak ada pengalihan formasi jabatan.

Junus menambahkan, saat ini, print out hasil seleksi CPNS telah dikantongi BKD Kota Ternate dan akan diumumkan dalam waktu dekat, karna harus dibuat SK penumuman oleh walikota, setelah itu, baru kita umumkan" terangnya.

Data yang diperoleh, pada seleksi CPNS tahun 2014 untuk Pemkot Ternate diantaranya jumlah pelamar sebanyak 1,882 orang, yang tidak mengikuti tes sebanyak 35 orang.

Sementara formasi atau kuota yang diberikan Mempan sebanyak 148 dengan berbagai disiplin ilmu, namun berdasarkan hasil perankingan, formasi yang terisi hanya sebanyak 103 peserta, sedangkan, formasi yang tidak terisi atau kosong sebanyak 45.

"Jumlah peserta yang memenuhi `passing grade` atau nilai ambang batas sebanyak 238 dan yang tidak memenuhi `passing grade` sebanyak 1.609 peserta," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014