Ambon (Antara Maluku) - PT Urun Tangan Energi siap melakukan investasi di provinsi Maluku dengan mengembangkan pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

"Kami peduli dengan penyediaan listrik ramah lingkungan, dan siap untuk bekerjasama dengan pemerintah provinsi Maluku dalam penyediaan listrik tenaga surya," kata Manajer PT UTE, Ardhi Pradhana di Ambon, Kamis.

Menurut dia, provinsi Maluku sarat akan kekayaan alam baik darat maupun laut, ditunjang keramahan masyarakat yang menjadi keunggulan dalam mengembangkan sumber daya.

Besarnya potensi sumber daya Maluku tidak seiring dengan kesiapan infrastruktur pendukung kegiatan ekonomi, sehingga diperlukan percepatan penyelesaian.

"Ketimpangan kondisi infrastruktur pendukung kegiatan ekonomi masyarakat seakan menjadi hal yang lumrah, tanpa adanya percepatan dan penyelesaian. Salah satu infrastruktur terpenting yang perlu ditingkatkan yakni kualaitas penyediaan listrik," katanya

Ardhi mengatakan, ketersediaan listrik di Maluku telah menjadi masalah klasik yang tidak terselesaikan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

"Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan penduduk tidak diiringi dengan peningkatan infrastruktur pendukung yakni pembangkit listrik. Banyak desa di Maluku yang belum dialiri listrik dan perlu diberikan perhatian khusus pemerintah," katanya.

Diakuinya, tanggung jawab penyediaan listrik merupakan tugas pemerintah, yang tertuang dalam pasal 30 UU energi yang menyatakan setiap penduduk memiliki hak yang sama dalam energi.

"Masyarakat Maluku juga berhak mendapatkan kualitas energi yang layak, seperti halnya masyarakat di pulau Jawa," tandasnya.

Ia menambahkan, mengatasi permasalahan listrik di Indonesia khusunya Maluku, tidak bisa semata-mata bergantung pada pemerintah, tetapi diperlukan keterlibatan swasta dalam menyelesaikan masalah krisis listrik.

PT Urun Tangan Energi, kata Ardhi siap berinvestasi dalam mengembangkan pembangkit listrik yang ramah lingkungan, sehingga tidak menggangu indahnya ekosistem alam Maluku.

"Kami siap memberikan teknologi terbaik dan menjadikan Maluku sebagai contoh terdepan dibidang kerjasama antara pemerintah daerah dan swasta, dalam penyediaan listrik yang berkelanjutan," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014