Ternate (Antara Maluku) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut), mengeluarkan peringatan dini, karena gelombang tinggi di perairan ini mencapai empat meter dan berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Maluku Utara.

Kepala BMKG Stasiun Babullah Emmy P mengatakan di Ternate,Sabtu, pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini pada tanggal 5 Desember 2014, yang berlaku untuk tanggal 6 dan 7 Desember 2014.

Peringatan dini yang dirilis BMKG menyebutkan, gelombang tinggi 3-4 meter berpeluang terjadi di wilayah perairan Halmahera bagian utara, laut Maluku bagian utara, sedangkan tinggi maksimal gelombang laut 2,5-3 meter, berpeluang terjadi di perairan barat dan timur Halmahera, Kepulauan Sula, laut Halmahera selatan dan perairan Morotai.

Ia menjelaskan, tinggi gelombang laut itu lebih disebabkan efek badai Hagupit yang melanda kawasan Philipina.

Gelombang tinggi di beberapa wilayah di Malut disebabkan sirkulasi badai Hagupit yang melanda kawasan Philipina, sehingga berdampak pada pola angin dan kecepatan yang mempengaruhi tinggi gelombang laut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014