Ternate (Antara Maluku) - KONI Maluku Utara mengandalkan sepak bola untuk meraih emas dalam PON Remaja I Surabaya karena cabang olahraga itu diperkuat sejumlah pemain yang berprestasi di Pra-PON dan Piala Suratin.

"Malut mengikuti tujuh cabang olahraga di PON Remaja Surabaya, tetapi yang diandalkan bisa meraih emas hanya sepak bola," kata Ketua Tim PON Remaja Malut, Asghar Saleh, ketika dihubungi dari Ternate, Malut, Selasa.

Atlet Malut yang memperkuat tim sepak bola di Pra-PON Remaja tersebut sebanyak 18 orang dan semuanya merupakan pilihan dari pemain-pemain yang sebelumnya diterjunkan ke Piala Suratin dan Porprov Malut.

Ia mengatakan, pada Pra-PON Remaja, tim Malut yang tergabung dalam wilayah timur yakni Provinsi Papua, Papua Barat dan Maluku, tim Malut berhasil meraih juara grup dan ini merupakan penyemangat untuk meraih prestasi serupa di PON Remaja Surabaya.

Tim Malut di babak penyisihan satu grup dengan tuan rumah Surabaya dan Sulawesi Selatan, namun tim Malut optimistis bisa lolos meraih tiket ke babak berikutnya.

Asghar menambahkan, pada PON Remaja ini, Malut mengikuti tujuh cabang olahraga diantaranya sepak bola, tenis meja, anggar, tenis lapangan, pencak silat, atletik dan bulu tangkis.

Menurutnya, dari tujuh cabang yang akan diikuti oleh tim PON Remaja Malut ini, selain sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga yang ditargetkan meraih medali emas, cabang atletik dan bulu tangkis juga diproyeksikan bisa meraih medali.

Pasalnya, dari serangkaian kegiatan seperti Porprov 2014 dan Pra PON Remaja yang diikuti oleh tim yang akan mewakili Provinsi Malut telah menunjukkan perstasinya, sehingga di ajan PON Remaja Surabaya, tim Malut optimistis meraih medali emas yang cukup signifikan.

Asghar mengakui, dari 52 atlit yang akan mewakili Malut hari ini telah diberangkatkan ke Surabaya dan semuanya telah menyatakan optimismenya bisa meraih medali dan mampu mengharumkan nama baik Malut di tingkat nasional.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014