Ambon (Antara Maluku) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon mengingatkan para penyedia maupun pengguna jasa transportasi mewaspadai kemungkinan hujan lebat di Laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah, dalam beberapa hari ke depan.

"Hujan lebat tersebut disertai petir dengan cuaca umumnya berawan.

Kondisi cuaca ini dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang," kata Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon George Mahubessy, Jumat.

Ia mengatakan, tinggi gelombang di Laut Banda diperkirakan mencapai tiga meter sehingga berbahaya bagi pelayaran memanfaatkan angkutan laut tradisional.

Karena itu, dia mengimbau, para penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut agar memperhatikan peringatan dini yang sampaikan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan kabupaten dan dua Kota.

Para penyedia maupun pengguna jasa transportasi, baik laut maupun udara, perlu mematuhi peringatan dini tersebut.

"Jangan memaksakan diri berlayar sekiranya kondisi cuaca ekstrem. Langkah ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah laut," ujarnya.

Dia juga mengharapkan para bupati dan wali kota agar mengimbau perusahan penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut untuk memperhatikan perubahan cuaca secara ekstrem sehingga tidak memaksakan diri berlayar.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan pesawat atau kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014