Dobo (Antara Maluku) - Kegiatan makan "patita" (disaji untuk disantap bersama) dalam rangka memeriahkan perayaan HUT XI Kepulauan Aru yang dipusatkan di lapangan Yos Sudarso, Kota Dobo, ibu kota Kabupaten setempat, Kamis.

Menariknya, makanan disaji 24 macam dengan menu sesuai ciri khas masing - masing daerah seperti Jawa menyajikan gado - gado, Makassar (coto),  Ambon (papeda).

Suasana kebersamaan ini semakin semarak dengan para penyaji makanan mengenakan masing - masing pakaian etnis sehingga mencerminkan Bhineka Tunggal Ika.

Penjabat Bupati Kepulauan Aru, Gotlief Gainau didampingi Ketua Sementara DPRD setempat, Andreas Limbers, Kapolres, AKBP. Harold Huwae, Kajari Dobo, Jasmin Simanullang, 24 anggota DPRD setempat, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tokoh agama/masyarakat/ pemuda berbaur bersama masyarakat menikmati makan "patita".

Makan "patita" diselingi sejumlah atraksi tarian adat, baik dari Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) maupun Maluku Barat Daya (MBD) sehingga tercermin jalinan keharmonisan orang basudara (saudara).

Penjabat Bupati Kepulauan Aru, Gotlief Gainau mengapresiasi makan "patita" yang disajikan 24 etnis yang berdiam di kabupaten setempat.

"Momentum HUT XI Kepulauan Aru setelah dimekarkan dari Maluku Tenggara dengan UU No.40 tahun 2003 itu, saya perlu menghaturkan terima kasih karena cerminan hidup harmonis dicerminkan sehingga kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan sosial dilaksanakan optimal," ujarnya.

Karena itu, masyarakat Kepulauan Aru yang dikenal dengan Bumi Cenderawasih Indah Permai yang berada mulai dari Warialau di bagian Utara hingga ke Batu Goyang di Selatan hendaknya tetap mencerminkan jalinan hidup harmonis.

"Kita dihadapkan dengan berbagai kegiatan, termasuk Pilkada 2015 yang hendaknya tidak merusak tatanan hidup orang basudara sebagai warisan leluhur yang harus dlestarikan," tegas Gotlief.

Perayaan HUT XI Kepulauan Aru juga dimanfaatkan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan setempat menyelenggarakan pasar murah dengan melibatkan 11 distributor bahan pokok masyarakat dan lebih dari 100 pedagang kelontongan di pasar Jargaria.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014