Ambon (Antara Maluku) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku menyediakan satu ton ikan cakalang dan udang segar untuk dijual pada pasar murah khusus ikan di Kota Ambon.

"Pasar murah khusus ikan ini untuk mempermudah warga memperoleh ikan segar dengan harga lebih murah dari yang dijual di pasar," kata Kepala Dinas DKP Maluku Romelus Far-Far di Ambon, Jumat.

Pasar murah ikan tersebut digelar selama dua hari dan dipusatkan di kawasan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, dalam rangka menyambut Natal 25 Desember 2014 dan Tahun Baru 2015.

Pasar murah tersebut juga untuk mengajak masyarakat Kota Ambon gemar mengonsumsi ikan sebagai salah satu sumber protein utama sehari-hari.

Pasokan ikan segar dan udang tersebut disediakan dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ambon untuk dijual pada pasar murah yang akan berlangsung selama dua hari.

Ikan cakalang ukuran kecil dijual Rp15.000 per ekor, cakalang sedang Rp20.000 per ekor dan besar Rp25.000 per ekor, sedangkan udang dijual Rp50.000 hingga Rp70.000 per tumpuk.

"Harga ikan yang dijual di pasar murah lebih murah hampir 50 persen dibanding yang dijual di pasar. Penjualan juga tidak dibatasi berapa banyak pun bisa dibeli warga," katanya.

Dia mengatakan pasar murah ikan itu bisa dilakukan rutin khususnya menjelang hari besar keagamaan, sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan ikan dengan harga murah.

Romelus berharap seluruh ikan yang disuplai di pasar murah tersebut dapat terjual habis dan dibeli masyarakat untuk dikonsumsi.

Warga Kota Ambon yang umumnya ibu-ibu rumah tangga saling berebutan untuk membeli ikan cakalang maupun udang yang dijual di pasar murah tersebut.

Mereka terlihat tidak sabar mengantre untuk membeli ikan cakalang dan udang yang merupakan hasil tangkapan para nelayan tersebut.

"Ikan dijual di pasar murah ini jauh lebih murah dari harga pasar," kata Ny Bace warga Kelurahan Wainitu yang mengaku membeli empat ekor ikan cakalang ukuran besar untuk dijadikan persediaan selama beberapa hari.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014