Ambon (Antara Maluku) - Tim Patasiwa Pengprov Pertina Maluku meraih juara umum dalam kejuaraan terbuka elit memperebutkan piala Gubernur Maluku I dengan meraih 56 angka, setelah delapan dari sembilan petinjunya menang pada laga final di Ambon, Senin (26/1) malam.

Dalam partai final yang disaksikan ribuan warga Kota Ambon tersebut, tiga petinju wanita dan lima petinju pria tim Patasiwa berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan berhak atas medali emas, sekaligus berhak atas uang pembinaan sebesar Rp25 juta yang disediakan panitia penyelenggara.

Satu-satunya petinju tim Patasiwa yang gagal meraih emas yakni Merlin Tomatalla yang turun di kelas 51 Kg, karena harus mengakui keunggulan sesama petinju Maluku Femy Benamen yang turun membela tim Patalima, Pengprov Pertina Maluku.

Femy yang merupakan atlet Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Maluku tersebut, menang angka tipis setelah tampil prima dalam duel alot selama empat ronde dengan Merlin pada partai final yang disaksikan para pejabat Pemprov Maluku dan Kota Ambon itu.

Sedangkan delapan petinju Patalima yang berhasil "meredam" ambisi lawan-lawannya untuk meraih tempat terhormat dalam kejuaraan bergengsi tersebut yakni, Ona Paays (48 kg) yang memang atas Sherly Kase dari Laka NTT, Ester Kalayukin (54 kg) menang angka atas Ratna Sari Dewi (Wirabuana-A Makassar), Juliana Patty (57 kg) menang angka atas Desi Ohoiulun (Buru Selatan)

Selain itu, Rocef Souhoka yang tampil di kelas 46 kg menang angka atas Sahrul Onoly (Garuda Jaya Ternate), Semmy Leuwol (49 kg) menang angka atas Valen Ngarbingan (Patalima - Maluku), Julius Lumoly (60 kg) menang angka atas Gresty Alfons (BBC - Bogor), Josua Sapulette menang angka atas Alsar Abdullah (Pengprov Pertina Ternate) dan David Isikiwar juga menang angka atas Rafly Banyal (BBC - Ternate).

Dua petinju dari kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Barat yakni Magdalena Kambayong dan Salomina Yerisitouw yang lolos ke partai final, berhasil meraih medali emas setelah menang atas lawan-lawannya.

Salomina Yerisitouw tampil prima dalam partai final dan mampu meredam ambisi petinju dari Buru Selatan Ona Ruhukail dengan kemenangan KO di ronde kedua, sedangkan Magdalena Kambayong menang angka atas Sulfana yang turun mewakili Jaw Barat.

Kabupaten Bogor juga meraih dua medali emas melalui petinju Billy Pattiruhu di kelas 64 kg dengan mengalahkan Kenedy Pattinama (Buru Selatan) dan Simon Makarawe (56 kg) yang menang angka atas sesama petinju Bogor, Walmer Sabu.

Sedangkan tim Garuda Jaya Ternate dan Jawa Barat meraih masing-masing satu medali emas. Sunan Agung Amarogam (Garuda Jaya Ternate) tampil prima dan memang angka atas Brian Jeujanan (Fak-Fak) sedangkan petinju Jaw Barat Josua Manulang menang "tanpa tanding" karena lawannya Bram Betaubun (Patalima - Maluku) mengalami cidera.

Kejuaraan yang ditutup Gubernur Maluku Said Assagaff tersebut juga menobatkan Sunan Agung Amarogam (Ternate) dan Vemmy Benamen (Patalima - Maluku) sebagai petinju terbaik, gelar petinju favorit diberikan kepada David Isikiwar (Patasiwa - Maluku) dan Magdalena Kambayong (Pegunungan Bintang, Papua Barat), serta petinju harapan diraih Simon Makarawe (BBC - Bogor) dan Ona Paays (Patasiwa - Maluku). 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015