Ambon (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Angkatan Darat untuk menyamakan sikap, tindakan dan pemahaman dalam pelaksanaan tugas ke depan.

"Rapim ini dimaksudkan untuk mengevaluasi pelaksanaan tugas selama tahun 2014 dan menyampaikan arah kebijakan pimpinan TNI AD serta menyampaikan garis besar program dan anggaran tahun 2015," kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Wiyarto, pada pembukaan Rapim TNI AD, di Ambon, Selasa.

Menurut Pangdam Wiyarto, sasaran program 2015 adalah tercapainya pelaksanaan pembinaan kekuatan, kemampuan dan gelar satuan secara maksimal sehingga dalam melaksanakan tugas-tugas di wilayah Kodam Pattimura dapat berjalan dengan baik.

"Mari kita manfaatkan forum Rapim ini dengan sebaik-baiknya untuk pembangunan Kodam Pattimura yang semakin baik di masa yang akan datang," katanya.

Pangdam Wiyarto juga berharap, melalui Rapim kebijakan TNI AD tahun 2015 dapat menjadi pedoman untuk dijabarkan dalam melaksanakan tugas di satuan masing-masing, sehingga dapat mewujudkan tertib administrasi dan akuntabilitas sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan dalam program kerja dan anggaran Kodam Pattimura tahun 2015.

"Diharapkan bisa mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," ujarnya.

Selain itu, tambah Pangdam, konsep strategi transformasi TNI AD di wilayah Kodam Pattimura sedang dirumuskan dalam rangka memberi masukan kepada `Komando Atas` agar ke depannya semakin profesional dan mampu menjawab tuntutan perkembangan zaman.

Selaras dengan tema yang diusung dalam Rapim Kodam Pattimura tahun 2015, yakni "Melalui Rapim Kodam XVI/Pattimura Kita wujudkan Prajurit yang Profesional, Sejahtera dan Mencintai Rakyat".

Pangdam mengatakan, Kodam Pattimura telah menyusun Program Kerja dengan berpedoman pada Petunjuk Pelaksanaan Program dan Anggaran (PPPA) TNI AD tahun 2015.

"Renstra 2015-2019 disusun sesuai dengan alur mekanisme sistem pembangunan pertahanan Negara dan Kodam Pattimura selaku Komando Utama Pembinaan TNI AD," kata Pangdam.

Pangdam Wiyarto berharap para pimpinan satuan menjadi kunci pelaksana dan mampu melaksanakan tugas yang diemban dengan sebaik-baiknya dan apa yang dihasilkan dalam Rapim dapat ditindaklanjuti.

"Seluruh satuan dan prajurit Kodam Pattimura dapat merapatkan barisan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah diembankan di pundak masing-masing," ujarnya.

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015