Ambon (Antara Maluku) - Aparat keamanan, baik TNI maupun Polri siaga mengamankan kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke Ambon, 26 - 27 Februari 2015.

Antara yang melakukan pemantauan, Kamis, melaporkan, pengamanan dilakukan mulai dari Bandara Internasional Pattimura di desa Laha hingga pusat Kota Ambon sepanjang 38 km.

Personil TNI dan Polri terlihat di jalan-jalan, tempat-tempat ojek maupun fasilitas lainnya sepanjang jalan dari Laha hingga pusat Kota Ambon didukung peralatan taktis.

Pengamanan yang dilakukan menjelang Wapres tiba dijadwalkan pukul 15.45 WIT itu tidak menghambat aktvitas masyarakat.

Bahkan, masyarakat bertanya-tanya waktu tiba Wapres karena ingin menyaksikan tokoh yang dinilai sukses memfasilitasi penyelesaian "tragedi kemanusiaan" di Maluku pada 1999.

Para orang tua dari siswa, baik SD maupun SMP juga sibuk membeli bendera Merahputih untuk anak - anak mereka menyambut Wapres di masing - masing lokasi sekolahnya.

Sebelumnya, Pangdam XV/ Pattimura, Mayjen TNI Wiyarto selaku Panglima Komando Operasi (Pangkoops) Pengamanan Kunjungan Wapres, mengimbau warga Kota Ambon dan sekitarnya agar memahami kebijakan menutup ruas jalan tertentu dari Laha hingga Pendopo Gubernur Maluku di Manggadua, kecamatan Nusaniwe.

"Penutupannya hanya sementara saat Wapres tiba sehingga masyarakat diminta memahami kebijakan yang diterapkan aparat keamanan," ujarnya.

Dia memastikan pengamanan kunjungan Wapres dilakukan secara terpadu antara TNI dan Polri.

Sedikitnya 2.828 personil TNI/Polri yang terdiri dari 1.340 personil TNI - AD, 307 personil TNI- AU, 120 personil TNI - AL dan 861 personil polisi.

Rakernas APPSI dijadwalkan dibuka oleh Wapres Jusuf Kalla di Gubernuran Mangga Dua, Kota Ambon, Kamis (26/2) malam.

Sedangkan Rakernas di Hotel The Natsepa, desa Suli, Pulau Ambon hingga berakhir Sabtu (28/2).

Rakernas APPSI 2015 mengusung thema "Konsolidasi Pemerintah Daerah Menyongsong Implementasi Undang - Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah".

Agenda APPSI ini juga akan menghadirkan nara sumber antara lain Mendagri Tjahjo Kumolo yang memberikan materi bertajuk "Strategi Implementasi Undang - Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah".

Selain itu, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Azis, yang membahas "Strategi Pengawasan Keuangan Daerah Dalam Rangka Implementasi UU No 23 tahun 2014.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015