Ambon (Antara Maluku) - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Maluku menyatakan, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) telah menyatakan kesiapan untuk menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran XXVI tingkat Provinsi setempat, 13 - 26 Mei 2015.

"Kesiapan SBB itu disampaikan Wakil Bupatinya, Muhammad Husni saat rapat kerja (Raker) LPTQ se-Maluku di Ambon hari ini (3/3)," kata Ketua LPTQ Maluku, Ismael Usemahu, di Ambon, Selasa.

Kesiapan tersebut meliputi tempat menginap kafilah, lokasi lomba dan lainnya yang telah diatur panitia penyelenggara.

"Pernyataan kesiapan tersebut menjadi masukan bagi LPTQ delapan Kabupaten lainnya dan dua Kota untuk menyertakan kafilah di pesta bernuansa Islamiah di SBB," ujarnya.

Kadis PU Maluku itu menyatakan, paparan Wakil Bupati SBB itu sesuai dengan hasil pemantauan tim LPTQ Maluku yang melakukan pemantauan di Kabupaten tersebut pada pekan ketiga Februari 2015.

"Jadi sinkron laporan kesiapan Pemkab SBB dengan tim LPTQ Maluku yang ternyata tidak ada masalah prinsipil kemungkinan menghambat penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi," katanya.

Apalagi, LPTQ dan Pemprov Maluku mengfasilitasi Pemkab SBB maupun Panitia penyelenggara dalam upaya mempersiapkan berbagai kebutuhan penyelenggaraan MTQ, terutama terkait lokasi pembukaan serta sarana dan prasarana untuk lomba.

Ia membantah adanya penilaian sementara bahwa SBB tidak siap menyelenggarakan MTQ XXVI tingkat Provinsi Maluku karena kurang terlihat kesibukan Pemkab setempat maupun panitia penyelenggara melaksanakan kesiapan.

"Saya pastikan bahwa SBB siap menyelenggarakan MTQ XXVI tingkat Provinsi karena Pemprov maupun LPTQ Maluku mengfasilitasi dan mensikronisasi berbagai kebutuhan untuk melaksanakan event tersebut," ujar Ismael.

MTQ XXV tingkat Provinsi Maluku di Kota Tual pada Mei 2013 tercatat tuan rumah menjadi juara umum, peringkat kedua adalah Kabupaten Maluku Tenggara dan ketiga Kabupaten Maluku Tengah.

SBB ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ XXVI tingkat Provinsi saat Raker LPTQ Maluku di Kota Tual pada Mei 2013 dan cadangannya adalah Kabupaten Buru Selatan.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015