Medan (Antara Maluku) - Warga Maluku di Kota Medan, Sumatera Utara siap menyukseskan program Mangente (Datang dan Mengunjungi) Ambon tahun ini.

"Kami siap mendukung dan mensukseskan program Mangente Ambon tahun 2015 yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Kami berencana akan pulang kampung untuk melihat perkembangan pembangunan Ambon," kata Sesepuh Masyarakat Maluku, Frans Ferdinandus, di Medan, Senin.

Menurut dia, masyarakat Maluku yang berdomisili di Sumatera Utara sejak awal saangat mendukung upaya Pemkot untuk mempromosikan Ambon melalui berbagai kegiatan berskala nasional.

"Tahun 2015 berbagai kegiatan berskala nasional akan dilaksanakan di Ambon, kami bersyukur Ambon telah mengalami kemajuan di berbagai bidang terutama ekonomi, sosial dan keamanan," katanya.

Frans mengatakan, pihaknya pada 2012 telah melakukan kunjungan ke Ambon bertepatan dengan HUT kota itu yang ke-437.

"Kami tidak hanya sekedar pulang kampung, tetapi ada sesuatu yang kami buat dan berikan kepada kota Ambon yakni memberikan tempat sampah, serta bantuan kepada rumah ibadah," ujarnya.

Dikatakannya, warga Maluku di Medan diharapkan juga dapat menjadi juru bicara untuk menyampaikan kondisi dan perkembangan Ambon.

"Ambon sudah saatnya menjadi kota yang layak dikunjungi dan menjadi tuan rumah kegiatan nasional, karena itu kita yang berada di perantauan harus menjadi juru bicara yang baik bagi warga lainnya yang akan datang mengunjungi Maluku khususnya Kota Ambon," kata Frans.

Sementara itu Organisasi Pemuda Maluku Indonesia Bersatu (PMIB) Sumatera Utara juga menyatakan keinginan untuk mendukung program Mangente Ambon.

Ketua PMIB Sumatera Utara, Fitria Noya mengatakan antusias dengan program mengente Ambon, karena melalui kegiatan ini seluruh masyarakat di luar Maluku dapat pulang kampung dan memberikan sesuatu yang positif bagi perkembangan kota.

"Kami berencana akan melakukan bhakti sosial bagi masyarakat Ambon, kami berupaya melakukan sesuatu yang bermanfaat dan meninggalkan kesan yang positif," tandasnya.

Ia menambahkan, setelah sosialsiasi Mangente Ambon di Medan pihaknya akan mengadakan rapat bersama untuk mempersiapkan perayaan hut kota Ambon ke-440 pada september mendatang.

"Kami tidak ingin pulang kampung hanya untuk jalan-jalan tetapi kami berupaya melakukan hal yang bermanfaat bagi seluruh basudara (saudara) di Ambon," kata Fitria.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015