Ternate (Antara Maluku) - Pemprov Maluku Utara (Malut), melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, akan menuntaskan pembangunan pabrik kemasan yang berada di Kelurahan Gambesi, untuk meningkatkan produktivitas Industri Kecil Menengah (IKM).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Malut, Husen H Nurdin di Ternate, Kamis, mengatakan, ke depan Indonesia telah diperhadapkan ekonomi global, sehingga pembangunan pabrik kemasan di Ternate, bisa menggairahkan sektor swasta dalam meningkatkan produktivitasnya.

Olehnya itu, Pemprov maupun kabupaten/kota telah menyiapkan berbagai konsep untuk membangun produk pertanian yang berada di daerah Maluku Utara, dengan tujuan untuk mampu bersaing di tingkat pasar bebas nanti.

Untuk menuju ekonomi global pemerintah provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota tidak hanya menyiapkan produk pertanian yang berkualitas, akan tetapi menyiapkan juga sumberdaya manusia untuk pengelolaan produk pertanian itu sendiri.

Menurut dia, untuk menghadapi pasar global perlu menyiapkan sumber daya manusia, sehingga berbagai produk pertanian, sehingga produk tersebut dapat bersaing di berbagai daerah saat dipasarkan nanti.

Husain mengatakan, bangunan pabrik kemasan produk pertanian yang berada di Kelurahan Gambesi tersebut telah dianggarkan melalui APBD dan dibangun secara bertahap dan berkelanjutan.

Sehingga, bangunan tersebut dibangun mulai dari tahun anggaran 2014 dengan besar anggaran sebesar Rp500 juta dan dilanjutkan pada tahun 2015 dengan besar anggaran Rp1,1 miliar, agar secara totalitas bangunan tersebut menggunakan anggaran sebesar Rp1,6 miliar yang dianggarkan di dua tahun anggaran yakni tahun 2014 dan 2015 dan direncanakan bangunan tersebut akan diselesaikan pada tahun 2015.

"Pembangunan lanjutan tahap kedua sementara ini masih menunggu kelengkapan dokumen, sehingga proses pekerjaan belum juga dilaksanakan, namun pembangunan pabrik tersebut direncanakan akan diselesaikan pada tahun anggaran 2015 ini karena bangunan tersebut telah masuk dalam batang tubuh APBD tahun 2015 ini," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015