Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan memanfaatkan peristiwa alam gerhana matahari total yang akan terjadi di Ternate pada 9 Maret 2016 untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah ini.

"Gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 itu sebenarnya dapat disaksikan pula di daerah lainnya di Indonesia yang berada di garis Khatulistiwa, tetapi hanya bisa dilihat secara penuh di Ternate dan tiga daerah lainnya di Malut yakni Tidore, Sofifi dan Maba," kata Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman di Ternate, Sabtu.

Pemkot Ternate akan membantu menyebarluaskan peristiwa alam gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 yang dapat disaksikan secara sempurna di Ternate itu kepada para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri dengan harapan mereka akan tertarik berkunjung ke daerah ini.

Ia mengatakan, hingga kini sudah lebih 500 wisatawan dari luar negeri, di antaranya dari Australia, Korea Selatan dan Jepang yang memesan kamar hotel di Ternate, baik langsung ke manajemen hotel maupun melalui sejumlah biro perjalanan umum untuk berkunjung ke Ternate pada 9 Maret 2016 guna menyaksikan peristiwa alam gerhana matahari total.

Jumlah wisatawan luar negeri yang memesan kamar hotel di Ternate untuk tujuan itu dipastikan akan terus meningkat, karena gerhana matahari total merupakan peristiwa alam yang langka yakni hanya terjadi setiap 19 tahun.

Menurut Wali Kota, Pemkot Ternate akan pula melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kunjungan wisatawan ke daerah ini yang akan menyaksikan peristiwa alam gerhana matahari total tersebut, seperti menginstruksikan kepada seluruh hotel dan restoran di kota ini membenahi fasilitasnya agar tidak mengecewakan para wisatawan yang menginap nanti.

Selain itu, Pemkot Ternate juga akan membenahi berbagai objek wisata yang ada di daerah ini, baik objek wisata peninggalan sejarah, maupun objek wisata bahari, karena para wisatawan nanti selain menyaksikan gerhana matahari total, juga akan mengunjungi berbagai objek wisata di daerah ini.

"Bahkan Pemkot Ternate juga menjajaki kemungkinan untuk menggelar semacam festival budaya untuk lebih memperkenalkan kekhasan Ternate sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Malut," katanya menambahkan.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015