Ambon (Antara Maluku) - Ketua Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) Maluku, Butje Tomaluweng mengatakan pihaknya sangat mendukung program Mangente Ambon yang sedang dijalankan oleh pemeritah kota setempat, karena kegiatan tersebut turut mendorong kemajuan musik lokal.

"Saya lihat Mangente Ambon bukan saja ada keterkaitannya dengan upaya menghidupkan Ambon tapi juga musiknya, beberapa acara musik telah diprogramkan dalam pelaksanaan kegiatan ini," katanya di Ambon, Jumat.

Menurut Butje, sejalan dengan slogan Ambon City Of Music (Ambon Kota Musik) yang telah digaungkan sejak pelaksanaan Festival Ambon Jazz Plus (AJPF) 2009, program tahun kunjungan yang dikemas dalam Mangente Ambon memberikan kesan berbeda dari biasanya.

"Sangat positif karena bukan hanya mempromosikan kota ini tapi juga sosialisasi Ambon sebagai kota musik, dan itu ada dalam program pemerintah," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya sangat berharap kegiatan menghidupkan musik dalam festival maupun konser tidak hanya berakhir sampai pada selesainya program Mangete Ambon, tapi terus dilaksanakan sehingga musik terus tumbuh dan berkembang, begitu juga dengan pemusik dan penyanyinya.

Apalagi jika dilihat dari perkembangan dunia musik di Maluku saat ini, generasi baru dalam bidang tersebut terus bermunculan dengan berbagai variasi genre, dan terhimpun dalam berbagai komunitas, oleh karena itu perlu ada dukungan pengembangan dan pembinaan dari pemerintah setempat.

"ini sangat bagus sekali, tinggal bagaimana pemerintah kota melihat hal ini bukan sekedar acara musik yang hanya bisa dilaksanakan dalam program-proram seperti ini, tapi seterusnya harus ada karena salah satu yang bikin orang kenal Maluku dikenal adalah dari bidang musik," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015