Ambon (Antara Maluku) - Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) Maluku akan menyemarakkan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-70 Provinsi Maluku pada 19 Agustus 2015, dengan pertunjukan musik bertema "Konser Anak Negeri".

"Kami berencana menggelar konser untuk memeriahkan 70 tahun usia Provinsi Maluku, waktu tepatnya belum dipastikan, mungkin beberapa hari sebelum atau sesudah tanggal ulang tahun," kata Ketua PAPPRI Maluku Butje Tomaluweng, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan pertunjukan musik yang dijadwalkan berlangsung di taman Pattimura, Kota Ambon itu akan diisi oleh pemusik dan penyanyi berdarah Maluku dari berbagai generasi dengan berbagai genre, tidak terkecuali yang berada di luar provinsi tersebut.

Direncanakan beberapa seniman berdarah Maluku yang telah eksis sebagai musisi nasional, akan diundang untuk turut serta berada dalam panggung pertunjukan itu.

Dengan banyaknya pemusik dan penyanyi yang terlibat, kata Butje, konser tersebut akan menjadi salah satu pertunjukan musik akbar seniman daerah yang pernah digelar di Maluku.

"Pertunjukan ini dari kita untuk kita, jadi semua seniman di daerah akan terlibat, yang di Jakarta jika itu memungkinkan untuk mereka bisa berpatisipasi, akan kami undang juga," katanya.

Ia menambahkan, dalam pengamatannya, perkembangan musik di Maluku dapat dikatakan telah mengalami kemajuan, terutama kelompok-kelompok paduan suara, sedangkan grup-grup musik masih dibutuhkan pengembangan dan pembinaan, oleh karena itu dengan adanya Konser Anak Negeri diharapkan mereka bisa mengasah kemampuan.

"Kita kurang pertunjukan musik, dengan adanya konser ini selain untuk menghibur masyarakat, diharapkan musisi-musisi kita juga bisa lebih dikenal, karena ini akan diisi oleh berbagai generasi, yang baru-baru juga kan banyak, terutama grup-grup musik," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015