Ternate (Antara Maluku) - Kuota calon haji untuk Kota Ternate, Maluku Utara, tahun 2015 tercatat 211 orang, turun dibandingkan dengan tahun 2014 yang mencapai 230 orang, kata Kabag Kesra Pemerintah Kota Ternate, Mujais Walanda.

Kuota yang ditetapkan itu berdasarkan SK Gubernur Malut dengan pertimbangan masih harus dibagi dengan jumlah calon haji di semua kabupaten/kota, kata Mujais Walanda di Ternate, Sabtu.

Ia mengatakan di setiap kabupaten/kota kuotanya berbeda, yang terbanyak itu Kabupaten Kota Ternate, kalau sebelumnya 230 orang, sekarang hanya sebanyak 211 orang, alasannya karena masih harus dibagi lagi dengan kabupaten/kota lain.

Selain itu juga dihitung dari jumlah penduduk yang beragama Islam, seperti di Kabupaten Halmahera Selatan dan Halmahera Tengah, katanya.

Menurutnya, Pemkot Ternate juga telah menyiapkan segala keperluan maupun kebutuhan para calon haji, seperti biaya embarkasi maupun pelatihan manasik haji hingga pengurusan paspor telah yang telah diselesaikan.

Selain telah melaksanakan manasik haji, para calon haji juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk suntik kekebalan tubuh agar jamaah terlindungi dari berbagai jenis virus mematikan, seperti virus mers dan virus meningitis.

Mengenai biaya embarkasi, pemerintah setempat telah menyiapkan biaya untuk para calon haji dan para petugas, katanya.

Ia juga mengimbau para calon haji yang akan berangkat tahun ini agar tetap menjaga kesehatan dan selalu mengikuti aturan yang telah diajarkan dalam manasik haji, sehingga menjadi satu dasar untuk melaksanakan ibadah haji dengan benar.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015