Ambon (Antara Maluku) - Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) Maluku menangani agenda hiburan bagi peserta Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Tingkat Nasional ke-XI yang dijadwalkan berlangsung di Ambon, 2-12 Oktober 2015.

"Sedang kami siapkan, acara-acara hiburan musik untuk menghibur para peserta Pesparawi di sela-sela pelaksanaan kegiatan nanti," kata Ketua PAPPRI Maluku Butje Tomaluweng, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan persiapan pertunjukan musik tersebut berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab PAPPRI Maluku sebagai bagian dari panitia pelaksana Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Tingkat Nasional ke-XI, di bidang rekreasi dan wisata yang dikhususkan mengatur acara-acara hiburan selama berlangsungnya kegiatan tersebut.

Terkait itu, hanya musik-musik tradisional Maluku yang akan mereka tampilkan untuk menghibur para peserta Pesparawi, salah satunya adalah genre hawaiian, keputusan itu, menurut Butje, telah didiskusikan secara bersama dengan anggota panitia lainnya.

"Kami sudah putuskan akan menampilkan musik-musik tradisional daerah Maluku, salah satunya Hawaiian, kita punya banyak musisi senior di bidang ini," katanya.

Tak hanya menangani urusan musik di Pesparawi Nasional ke-XI, kata Butje, timnya juga bertanggung jawab terhadap perencanaan dan proses pelaksanaan kegiatan kunjungan wisata rohani bagi para tamu yang diperkirkan akan mencapai 10.000 orang.

Tugas mereka itu dimulai dari menentukan lokasi-lokasi wisata rohani yang akan dikunjungi, menyediakan transportasi untuk mengangkut para tamu, hingga menyiapkan para pemandu wisata untuk mendampingi.

"Belum diputuskan tempat-tempat mana yang nanti dikunjungi oleh para tim Pesparawi, mengenai lokasinya tidak terlalu sulit, tapi yang harus benar-benar disiapkan adalah pemandunya, begitu juga dengan transportasinya, seringkali masalah angkutan menjadi kendala karena salah komunikasi," ucapnya. 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015