Ternate (Antara Maluku) - Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman mengatakan Kota Ternate sukses mengembangkan sektor jasa yang manfaatnya tidak hanya dinikmati masyarakat di daerah setempat, tetapi juga di kabupaten/kota lainnya di Maluku Utara.

"Bukti kesuksesan Kota Ternate mengembangkan sektor jasa terlihat semakin banyaknya fasilitas kegiatan jasa, baik yang disiapkan Pemkot Ternate maupun kalangan pengusaha," katanya di Ternate, Jumat, terkait perkembangan pembangunan di Kota Ternate setelah 70 tahun Indonesia merdeka.

Menurut dia, sektor jasa yang perkembangannya cukup signifikan di Kota Ternate adalah jasa perdagangan, baik melaluiu pasar tradisionla maupun maupun pusat perbelanjaan modern dan lokasi usaha lainnya yang aktivitasnya perdagangan antarpulau.

Bahkan, kata Wali Kota, di Kota Ternate juga telah ada pusat perdagangan syariah berupa pasar tradisional syariah yang dalam aktivitasnya menerapkan prinsip jual beli syariah, seperti melarang praktik ribah dan penjualan komoditas yang menggunakan bahan berbahaya.

Ia mengatakan, aktivitas sektor jasa di Kota Ternate khususnya di bidang peradagangan juga berperan penting dalam pemenuhan barang di kabupaten/kota lainnya di Malut, karena hampir semua barang dari luar Malut untuk kebutuhan daerah ini masuk melalui Ternate.

"Kota Ternate terus pula mengembangkan sektor jasa lainnya, seperti jasa pariwisata, perbankan dan pusat hiburan dengan memberikan berbagai kemudahan kepada para pengusaha yang ingin mengembangkan usaha di bidang itu," katanya.

Menurut Wali Kota, kesukesan Kota Ternate dalam mengembangkan sektor jasa memberi kontribusi besar dalam penerimaan pendapatan hasil daerah, pembukaan lapangan kerja dan munculnya berbagai usaha yang terkait dengan keberadaan sektor jasa itu.

Khusus kontirbusi pendapatan asli daerah dari sektor jasa setiap tahunnya bisa mencapai 60 persen lebih dari total penerimaan pendapatan asli daerah Kota Ternate, yang pada tahun 2014 mencapai Rp55 miliar dan tahun 2015 ini diprediksi mencapai Rp62 miliar.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015