Ternate, 27/8 (Antara Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Maluku Utara akan mengatur biaya tahapan kampanye berupa rapat umum, pertemuan terbatas dan tatap muka yang dimulai 27 Agustus hingga 6 Desember 2015.

"Kami akan mengatur biaya tahapan kampanye yang siap dimanfaatkan empat pasangan calon Wali Kota - Wakil Wali Kota ditetapkan pada 24 Agustus 2015," kata Ketua KPU Ternate, Ismad Sahupala, di Ternate, Kamis.

Pembiayaan kampanye bagi empat pasangan calon Wali Kota - Wakil Wali kota Ternate periode 2015 - 2020 nantinya diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP).

Menurut dia, KPU Ternate akan mengatur indeks sesuai dalam PKPU, di mana 75 persen dari indeks harga misalnya konsumsi tidak bisa lebih dari Rp50 ribu.

Besaran harga 75 persen dari indeks harga tersebut, berapa kali dalam tatap muka pola besaran indeksnya itu yang diatur oleh KPU.

Pertemuan terbuka, rapat umum dan tatap muka untuk alokasi angarannya ditangani tim kampanye pasangan calon, sedangkan yang dibiayai oleh KPU hanya pemasangan alat peraga, bahan kampanye, debat iklan dan layanan.

Pelaksanaan rapat umum hanya satu kali hingga 6 Desember 2015 dan berhak melakukan kampanye hanya tim yang tercantum dalam SK KPU Ternate.

"Setiap kampanye yang sudah dijadwalkan harus disampaikan ke Panwaslu dan Polres. Apabila ada yang melakukan kampanye diluar dari jadwal maka Panwaslu dan Polres berhak memmbubarkan," tegas Ismad.

Dia mengemukakan, besaran anggaran kampanye KPU sudah melakukan pembatasan bagi pasangan calon Rp 50 juta/orang.

Sekiranya ada sumbangan dari pihak lain hanya pada angka Rp550 juta. Kalau ada anggaran yang menyimpang dari peraturan KPU No. 07 tentang dana kampanye dan Peraturan KPU 08 audit dana kampanye, kosekuensi dilakukan pembatalan.

KPU Ternate saat pencabutan nomor menempatkan pasangan Sudjud Sirajuddin - Arifin Djafar nomor 1, Burhan Abdurhman - Abdullah Tahir nomor 2, Sidik Dere Siokona - Jasman Abubakar nomor 3, dan pasangan independen Rahman Suleman - Anwar Hasim mendapatkan nomor 4.

Dalam pembuatan alat peraga kampanye oleh KPU Ternate akan dicantumkan nomor urut masing-masing calon Wali Kota - Wakil Wali Kota setempat yang mengikuti Pilkada pada 9 Desember 2015. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015