Ambon, 29/8 (Antara Maluku) - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) renang terbuka perairan di Teluk Dalam Ambon 2015, Jumat, diikuti peserta dari tujuh Provinsi di Indonesia.

Kejurnas renang diikuti 49 peserta dari tujuh provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan tuan rumah Maluku.

Event yang dipromosikan dengan nama "Open swimming Teluk Dalam Ambon 2015" itu melombakan tiga nomor yakni 3.000 meter, 5.000 meter, 10.000 meter.

Perwakilan pengurus PRSI, Amir Husein mengapresiasi , Kejurnas renang terbuka perairan yang baru pertama kali digelar di kota Ambon, ibu kota Provinsi Maluku sebagai wilayah berkarakteristik kepulauan.

"Maluku merupakan wilayah kepulauan yang harus dimanfaatkan dengan baik. Jangan hanya dijadikan kolam tanpa latihan, tetapi bagaimana mengembangkan potensi atlet untuk mengikuti berbagai kejuaraan tingkat nasional," katanya.

Menurut dia, pemerintah, baik Provinsi Maluku maupun Pemkot/ Pemkab hendaknya menggelar sejumlah event di tingkat lokal, sehingga jumlah peserta bertambah setiap tahun.

Idealnya, kejuaraan renang terbuka dan event lainnya seperti dayung maupun event foto bawa laut di Teluk Dalam Ambon, sehingga menggairahkan pengembangan olahraga bahari di daerah ini.

"Saya upayakan jika kejuarana ini berlangsung dengan baik, maka bukan hanya tujuh provinsi yang diundang para atletnya. Namun, seluruhg Provinsi, bahkan perenang Internasional," ujar Amir Husein.

Sedangkan, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyukuri enam Provinsi dan tuan rumah Makuku menerjunkan atletnya di Kejurnas renang terbuka perairan.

"Event ini memang baru pertama digelar di Ambon, sehingga perlu diprogramkan menjadi kalender tetap Pemkot Ambon setiap tahun menjelang perayaan HUT setiap 7 September," katanya.

Pertimbangannya, Kota Ambon dipersiapkan menjadi kota destinasi wisata nasional karena memiliki aneka pesona wisata maupun kekayaan alam lainnya sehingga digelarnya Kejurnas renang diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke sini.

"Saya berharap para peserta dapat menjadi duta Kota Ambon untuk menyampaikan keindahan dan damainya daerah ini, sehingga ketika kembali ke masing - masing Provinsi menyosialisasikan bahwa ibu kota Provinsi Maluku ini idial dikunjungi," tegas Richard.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015