Ambon, 29/8 (Antara Maluku) - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan laga persahabatan antara PSA (Persatuan Sepakbola Ambon) melawan SV Jong Ambon Belanda merupakan ajang meningkatkan semangat pembinaan.

"Laga persahabatan ini merupakan ajang kebangkitan kesebelasan PSA sebagai sebuah kekuatan olah raga di Maluku, khususnya di Ambon," kata Richard, di Ambon, Jumat.

Menurut dia, PSA pernah diperhitungkan oleh lawan dan kawan, dan semua komponen masyarakat di kota ini harus menjadikannya kesebelasan kebanggan daerah.

Richard mencontohkan Brasil sebagai negara yang diperhitungkan di dunia karena memiliki potensi atlet sepak bola yang membanggakan.

"PSA sempat mati suri karena manajemen yang cukup sulit untuk dibenahi, kita berharap melalui kegiatan ini kita mulai membenahi sepak bola menjadi cabang olah raga yang diminati masyarakat," katanya.

"Saya sangat bangga dengan penampilan tim PSA saat ini karena mereka tampil dengan percaya diri, tidak memalukan dan konsolidasi antarpemain semakin baik," ujarnya, merujuk kemenangan PSA atas Jong Ambon dengan skor 2-1.

Dia mengakui, pertandingan seperti ini merupakan upaya mempertajam pembinaan PSA sehingga pada waktunya bisa kembali memiliki nama dan diperhitungkan di setiap kompetisi.

Richard menambahkan, selain pertandingan persahabatan dalam rangkaian HUT Kota dan tahun Mangente Ambon, akan hadir juga legenda sepakbola dunia asal Belanda Ruud Gullit pada 1 September mendatang.

"Kehadiran Ruud Gulit diharapkan dapat membangkitkan semangat pemain PSA dan generasi muda Kota Ambon. Ruud Gulit akan bertemu dengan penggemar dan memberikan pelatihan bagi anak usia dini," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015