Ambon, 2/9 (Antara Maluku) - Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku telah meluncurkan Anjungan Data Mandiri (ADM) untuk mempermudah masyarakat mengakses berbagai informasi terkait perkembangan provinsi ini.

"Kami telah meluncurkan ADM pada 17 Agustus 2015 bertepatan dengan perayaan HUT RI ke - 70 ," kata Kepala BPS Provinsi Maluku,  Diah Utami, di Ambon, Rabu.

ADM adalah perangkat yang berisi data dan informasi yang dihasilkan BPS Provinsi Maluku maupun sektoral dihasilkan Dinas/Badan di lingkup Pemprov setempat.

"ADM sangat penting sebab BPS Provinsi Maluku merupakan salah satu lembaga yang menyelenggarakan pelayanan kepada publik sebagaimana diatur dalam Undang - Undang No.25 tahun 2009 dengan menjamin mutlak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi," ujarnya.

Manfaat ADM, menurut Diah, antara lain pengguna data (user) dapat mengakses data lebih muda, cepat dan tepat serta masyarakat semakin sadar akan pentingnya informasi dan data.

Begitu pun penyedia data statistik sektoral dapat memahami tentang pentingnya data statistik sebagai bahan evaluasi dinas/badan.

"Pembangunan sistem  dan aplikasi ADM akan menghasilkan pusat data yang berisi data strategis, mudah diakses dan bermanfaat bagi pengguna data," kata Diah.

Pengoperasian ADM juga bertujuan membangun anjungan data mandiri sebagai perantara antara end user data BPS dengan provider data BPS. Menyediakan data strategis yang mudah diakses oleh pengguna kapan pun dan dimana pun.

Selain itu, mempermudah layanan data bagi user yang tidak atau sulit memperoleh jaringan internet, membentuk forum komunikasi data tingkat Provinsi Maluku dan mewujudkan pembangunan ADM di kantor Gubernur Maluku.

Forum komunikasi data tingkat Provinsi Maluku anggotanya terdiri dari dinas/badan penyedia data statistik sektoral.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015