Ambon, 18/9 (Antara Maluku) - Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh, dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di kota Ambon, provinsi Maluku pada 18 - 20 September 2015.

"Kami terima informasi dari pihak Kedubes India bahwa Gurjit Singh bersama isteri Neeru Singh akan melakukan kunjungan kerja ke kota Ambon," kata Juru Bicara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Joy Adriansz, Kamis.

Menurut dia, kunjungan Dubes ke kota Ambon dalam rangka melakukan pertemuan dengan Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy.

Selain melakukan pertemuan dengan Gubernur dan Wali kota, Dubes Gurjit juga akan melakukan kunjungan ke sejumlah objek wisata di Kota Ambon.

Joy mengatakan, tujuan kunjungan Dubes India ke Ambon guna mengetahui potensi wisata alam dan budaya berdasarkan informasi yang diterima selama ini di Kedubes setempat.

"Kunjungan ini juga sekaligus menjajaki upaya kerjasama pihak Kedubes India dengan Pemerintah Kota Ambon dan provinsi Maluku," katanya.

Ia berharap, sekembalinya Dubes India dari kunjungan ke Ambon ada informasi positif yang disampaikan kepada staf kedutaan, terutama kepada pemerintah India.

"Setelah itu ada peluang investasi pelaku usaha India atau wisatawan yang melakukan kunjungan guna meningkatkan jumlah wisatawan asing ke kota Ambon dan provinsi Maluku," ujarnya.

Sebelumnya kota Ambon juga dikunjungi Duta Besar Amerika serikat (AS) untuk Indonesia Robert O. Blake, Jr melakukan kunjungannya ke Kota Ambon 4 - 7 september 2015.

Dubes Amerika juga memanfaatkan kunjungan pertama ke Ambon dan Maluku tersebut untuk mengunjungi dua tempat ibadah serta berdialog dengan para pimpinan kedua agama tersebut yakni Masjid Jami dan Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM).

Selain itu juga untuk mengikuti syukuran perayaan HUT Yobelium ke-80 GPM pada Minggu (6/9) malam atas undangan resmi Ketua Badan Pekerja Harian (BPH) Sinode GPM John Ruhulesin serta menghadiri perayaan HUT ke-440 Kota Ambon di Lapangan Merdeka.

Dubes memberikan penghargaan yang tinggi atas kerja keras MUI serta umat Islam di Maluku yang bergandengan tangan bersama umat Kristiani maupun agama lainnya, untuk mewujudkan kembali persaudaraan dan perdamaian di Maluku paskakonflik sosial 1999 lalu. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015