Ternate, 2/10 (Antara Maluku) - Tim sukses (Timses) pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, Maluku Utara, Burhan Abdurrahman - Abdullah Taher (Bur/Ada) menjaring para pemilih pemula agar memanfaatkan hak politik saat Pilkada setempat pada 9 Desember 2015.

"Pemilih usia ini masih mengambang sehingga harus dijaring, sekaligus memotivasi mereka memberikan dukungan kepada pasangan calon Bur - Ada," kata juru bicara pasangan Burhan - Abdullah, Ramdhani Abubakar, di Ternate, Kamis.

Menurutnya, jumlah pemilih pemula di di Ternate relatif besar jumlahnya yakni berkisar 10 hingga 20 persen dari daftar pemilih sementara (DPS) yang telah diumukan oleh KPUD setempat sebanyak 174.458 pemilih.

"Pemilih pemula Pilkada Kota Ternate lebih dari 17.000 orang sehingga perlu menjaring mereka agar memahami hak politik yang harus disalurkan saat Pilkada nantinya," ujar Ramdhani.

Untuk itu, seluruh Timsus dari partai koalisi pengusung dan partai pendukung agar segera melakukan konsolidasi untuk menjaring segementasi pemilih tersebut.

"Kita kerja harus menjaring segmentasi pemilih pemula agar tidak direkrut pasangan calon lain," katanya.

Karena itu, Timsus Bur - Ada telah membentuk jejaring dengan melibatkan komunitas generasi muda yang rata-rata berusia 17 sampai 22 tahun.

"Peluang meraih dukungan dari pemilih pemula harus dikelola seoptimalnya karena mereka juga bisa dimanfaatkan untuk menyosialisasi pasangan Bur - Ada," ujar Ramdhani.

Tim sus Bur - Ada telah membentuk 50 komunitas pemilih pemula yang telah menyatakan tekad memenangkan Pilkada nantinya.

Dia mengemukakan, saat Pileg 2014 tercatat jumlah kursi partai pengusung maupun partai pendukung mencapai 11 kursi di DPRD Kota Ternate sehingga menimal akumulasi suaranya terealisasi.

"Pileg pada 2014 tercatat perolehan suara partai pengusung maupun mencapai 44,37 persen suara, sehingga jumlahnya harus dipertahankan, bahkan bila perlu meningkat," kata Ramdhani.

Dia juga menginginkan para relawan, pendukung dan simpatisan Bur - Ada agar intensif menjalin kebersamaan, menjaga silaturrahmi dan yang terpenting menjaga kondisi keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada.

"Tunjukkanlah bahwa Timsus Bur - Ada siap memenangkan Pilkada dengan cara santun, elegan dan profesional agar memberikan pendidikan politik benar kepada masyarakat," ujar Ramdhani.

Pewarta: M. Ponting

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015