Ambon, 4/10 (Antara Maluku) - Kegiatan Maluku Expo 2015 yang merupakan rangkaian dari pelaksanaan pesta paduan suara gerejawi (Pesparawi) tingkat nasional ke-XI yang berlangsung di Kota Ambon, Provinsi Maluku, diikuti 140 peserta.

Pantauan Antara di lokasi kegiatan Expo Maluku 2015, Sabtu sore, terlihat banyak peserta yang datang dari berbagai kalangan baik instansi pemerintah maupun kalangan swasta yang turut memeriahkan Expo Maluku ini.

Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua sebelum membuka Expo Maluku 2015 secara resmi saat memberikan sambutan mengucapkan selamat datang bagi para peserta, pendukung, maupun para pengunjung yang akan menyemarakkan berlangsungnya Espo Maluku 2015 ini.

"Maluku Ekpo 2015 yang berlangsung 3-7 Oktober 2015 ini menampilkan pameran layanan publik, investasi dan potensi daerah seperti industri kreatif, produk unggulan dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta budaya daerah," ujarnya.

"Atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta Expo maupun masyarakat sebab pelaksanaan Expo Maluku 2015 cukup diminati dan mendapat respons yang positif dari para peserta pameran ini dibuktikan dengan tingginya animo serta banyaknya peserta yang terdiri dari berbagai kalangan," ujarnya.

Di antaranya instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, kalangan badan usaha milik negara (BUMN) badan usaha milik daerah (BUMD), perusahaan swasta nasional, serta pelaku dunia usaha termasuk usaha mikro kecil dan menengah di tingkat lokal maupun nasional.

"Kita tentu berharap pameran ini dapat mendorong perkembangan industri kreatif di Provinsi Maluku ke depan agar semakin maju dan mampu berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Provinsi Maluku, tambahnya, memiliki sumberdaya alam unggulan terutama di sektor kelautan dan perikanan, pariwisata dan juga sektor energi dan sumberdaya mineral yang potensinya masih dapat terus dikembangkan.

Potensi-potensi ini, lanjutnya, menjadi barometer bagi para perajin untuk dikembangkan dan meningkatkan pendapatan daerah yang tentunya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dia menambahkan, pameran bertajuk Maluku Expo 2015 merupakan yang ketiga kalinya di mana yang pertama dilakukan berbarengan dengan pelaksanaan Sail Banda 2010, kemudian yang kedua tahun 2012 bertepatan dengan pelaksanbaan MTQ tingkat nasional yang ke-29.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015