Ternate, 4/10 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, akan menyiapkan berbagai fasilitas guna mengantisipasi dampak musim kemarau yang melanda wilayah tersebut empat bulan terakhir ini.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial (Disnakersos) Kota Ternate, Jusuf Sunya di Ternate, Minggu, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan persediaan bencana alam untuk memenuhi kebutuhan warga jika terjadi bencana alam.

Menurut dia, stok cadangan di Kota Ternate hingga saat ini masih aman.

Stok cagangan dari Kementerian Sosial yang disalurkan lewat Pemerintah Provinsi(Pemprov) Maluku Utara itu cukup aman untuk keperluan di masing-masing daerah apabila tertimpa bencana.

"Kita baru dapat stok cadangan dari Kementerian Sosial, sehingga siap lalu didistribusikan," ujar Jusuf.

stok cadangan tersebut antara lain mie instant sebanyak 100 dos, family kit 250 paket, matras 500 lembar, selimut 700 lembar dan kid ware sebanyak 100 paket.

Disinggung kasus kebakaran hutan, dia menjelaskan, tanggung jawab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate.

"BPBD sudah menyalurkan bantuannya sehingga tidak masalah. Pihaknya menyalurkan bantuan kondisi alam dilanda musibah seperti letusan gunung dan banjir lahar dingin," kata Jusuf.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015