Ternate, 4/10 (Antara Maluku) - Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) di lingkup Pemkot Ternate, Maluku Utara (Malut), sedang dirampungkan.

Kepala BKD Kota Ternate Junus Yau di Ternate, Minggu, mengatakan, perampungan PUPNS setempat masuk katagori dua.

Padahal, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional XI Manado meliputi Provinsi Sulut, Maluku Utara dan Gorontalo telah meminta agar BKD segera menyampaikan berkas yang sudah terdata.

"Kita sudah mendapat surat dari BKN Regional Wilayah XI agar segera menyampaikan berkas yang telah didata masing-masing PNS di dalam pendataan PUPNS," ujarnya.

Menurutnya, tahapan PUPNS di jajaran Pemkot Ternate bakal masuk tahapan ketiga, bahkan jajaran BKD diminta untuk menyiapkan data yang diperlukan untuk segera menyampaikan ke BKN Regional Wilayah XI Manado sesegera mungkin.

Tenggat waktunya sebelum 31 Desember sudah harus dilengkapi.

"Kami menjadwalkan tahapan ketiga pendaftaran PUPNS pada 10 Desember 2015, selanjutnya dilaporkan ke Jakarta melalui BKN Regional Wilayah XI," kata Junus.

Pihaknya sedang merampungkan berkas PUPNS, di mana pendataan tersebut tinggal 12 persen yang belum selesai dari 6.000 lebih PNS di daerah tersebut.

Bahkan, administrasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkot Ternate sudah diperiksa oleh tim verifikator yang disiapkan BKD.

Sementara itu, sejumlah kabupaten/kota di Maluku Utara, terutama di Kabupaten Pulau Taliabu dan Halmahera Tengah, dilaporkan sebagian besar para PNS-nya belum menyelesaikan PUPNS karena terkendala jaringan internet yang mengalami gangguan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015