Ternate, 7/10 (Antara Maluku) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku Utara (Malut), memanfaatkan momentum perayaan HUT Provinsi Malut dengan mengkampanyekan gemar makan ikan kepada masyarakat.

Kepala DKP Buyung Rajiloen di Ternate, Rabu, mengatakan, kegiatan yang dilakukan DKP Provinsi Malut yakni program kampanye gemar makan ikan, dimana kegiatan tersebut diharapkan agar masyarakat Malut pada umumnya dapat meningkatkan kesadaran dalam mengkonsumsi ikan.

Selain itu, DKP juga menggelar kegiatan lomba inovasi masakan khas ikan Malut, pameran pasar, dan pengolahan prodak perikanan, serta lomba masak ikan tingkat Provinsi Malut.

"Dari berbagai kegiatan tersebut dapat di lakukan kerja sama antara DKP dan tim Penggerak PKK Provinsi Malut, sekaligus merayakan HUT Provinsi Malut ke-16," ujarnya.

Buyung menjelaskan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan itu untuk mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan dan menyadari betapa pentingnya kandungan gizi dan protein ikan sehingga masyarakat bisa meningkatkan konsumsi ikan.

"Selama ini, telah diketahui bahwa anak-anak pada usia dini lebih mengkonsumsi masakan yang serba canggi, seperti ayam, dan daging, sehingga mempengaruhi pertumbuhan anak tersebut," katanya.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini juga dapat dilakukan peyuluhan berupa pentingnya gizi ikan untuk konsumsi masyarakat terutama anak anak usia dini, sehingga memberikan dorongan pada anak untuk mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan kecerdaasan otak pada anak usia dini.

Buyung menambahkan, hal tersebut merupakan upaya pemerintah Provinsi untuk mengajak semua pihak di kabupaten/kota dan masyarakat pada umumnya untuk melihat sector perikanan dan kelautan merupakan hal yang sangat penting untuk di dorong, sehingga mendorong pembangunan perekonomian di daerah.

Olehnya itu, dengan kegiatan ini, akan memberikan dampak yang besar terhadap keperdulian ataupun keberpihakan dalam mendorong pembangunan khususnya di sector kelautan dan perikanan Malut dan berharap keterlibatan di semua kabupaten/kota.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015