Ternate, 7/10 (Antara Maluku) - Sejumlah sekolah di Kota Ternate, Maluku Utara mengalami kelebihan guru terutama tiga mata pelajaran di SMA dan SMP yaitu mata pelajaran Bahasa Inggris, Biologi dan Bahasa Indonesia.

Kabid Penjamin Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Disdik Ternate, Mahmud J Abdurahman di Ternate, Rabu mengatakan selain penupukan guru, namun ada mata pelajaran yang masih kekurangan guru mata pelajaran mata pelajaran kimia, sosiologi, dan geografi.

Sedangkan mata pelajaran yang tidak ada guru sama sekali adalah mata pelajaran kesenian.

Dia menjelaskan, dari mata pelajaran tersebut pada saat penerimaan test CPNS tidak ada yang mendaftar mengingat kampus di Kota Ternate tidak ada yang membuka jurusan tersebut.

Meskipun demikian, dirinya meminta agar para tenaga pengajar untuk intensif meningkatkan program kualitas siswa dengan melakukan berbagai perubahan sikap, karakter dan prilaku siswa yang juga merupakan tuntutan dari Kurikulum 2013 (K13).

Oleh karena itu, dalam rangka untuk meningkatkan kualitas siswa yang dilakukan meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran dan tenaga kependidikan sebagaimana diisyaratkan oleh BSNP.

Di sisi lain, dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap kompetensi dasar tiap mata pelajaran akan ditandai dengan peningkatan ketuntasan dan standar lulusan.

Menurutnya, selain hal tersebut, ada berbagai kegiatan diikusertakan serta mengikuti apa yang menjadi tuntutan sebagai sekolah yang melanjutkan K13, maka berbagai upaya yang harus dilakukan dengan program-program di sekolah, terutama perubahan sikap karena hal itu yang menjadi penilaian utama didalam pelaksanaan K13.

Sehingga, dibutuhkan penilaian karakter siswa yang terus berubah setiap saat tentu ini yang menjadi suatu item penting untuk dimasukkan dalam program sekolah untuk dikembangkan melalui pembinaan-pembinaan dalam rangka peningkatan kualitas siswa di sekolah.

Olehnya itu, program sekolah di tahun 2015 dalam rangka meningkatkan kualitas siswa dalam proses belajar mengajar dan disiplin administrasi dokumen guru dan sekolah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015