Ternate, 27/12 (Antara Maluku) - Komandan Lanal (Danlanal) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), Letkol Laut (P) Iwan Kusumah, mengimbau kepada semua pihak menjaga kelestarian pantai di daerah ini.

"Saya mengajak pemerintah, masyarakat, dan mahasiswa di Universitas Pasifik (Unipas) Morotai, agar dapat membantu Lanal, turut menjaga dan melestarikan pantai serta biota laut yang tersebar di pulau tersebut," katanya saat dihubungi dari Morotai, Minggu.

Iwan Kusumah mengatakan, dalam berbagai kesempatan, dirinya selalu meminta kepada semua pihak, termasuk seluruh aktivis mahasiswa Unipas, agar selalu mensosialisasikan dan mengajak masyarakat terkait pentingnya menjaga dan melestarikan laut di Morotai.

Pihaknya juga mengelar pembersihan pantai dengan melibatkan mahasiswa Unipas di lokasih lapangan eks Sail Desa Juanga Kecamatan Morotai Selatan.

Menurutnya, kegiatan dengan tema Armada RI yang Kuat, Hebat dan Profesional Siap Menjaga Kedaulatan NKRI, tidak hanya melakukan kegiatan pembersihan pantai di lokasi tersebut saja. Namun, pihak Lanal juga, menyelenggarakan sejumlah mata lomba dalam rangka memeriahkan hari Armada ke 70 tahun 2015.

Adapun mata lomba yang dilaksanakan diantaranya pada pukul 09.00, sampai pukul 09.35 WIT, dilaksanakan lomba balap perahu nelayan tradisional (katinting-red).

Lomba ini, diikuti sebanyak 15 peserta yang dimulai dari pantai Army Dock desa Pandanga, dan Finisnya di dermaga kayu Desa Juanga dan lomba dilepas oleh Danlanal Morotai Letkol Laut (P) Iwan Kusumah SE.

Kegiatan lomba dipusatkan di Pantai Desa Juanga kompleks Lanal Morotai. Ada lomba menggambar keindahan pantai tingkat SD yang diikuti sebanyak 60 siswa dari SD Inpres Pandanga dan SD Inpres Wawama.

Kabupaten Pulau Morotai sendiri merupakan salah satu kabupaten terluar di Indonesia dan memiliki biota laut yang indah. Namun daerah itu tergolong rawan, karena menjadi tempat masuknya para nelayan asing yang berasal dari Filipina dan Vietman untuk mencuri hasil perikanan di daerah tersebut. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015