Ambon, 15/1 (Antara Maluku) - Politisi PDIP Alexander Litaay berjanji mempromosikan provinsi Maluku, setelah ia resmi menjabat duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Republik Kroasia.

Alex litaay bersama 12 dubes lainnya dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan yang mendapat kepercayaan untuk mengemban tugas kenegaraan di Kroasia, negara pecahan Yugoslavia itu menyatakan dirinya akan tetap berjuang untuk Maluku.

"Sebagai anak Maluku saya siap untuk mempromosikan daerah asal kelahiran di tempat tugas yang baru di Kroasia serta negara lain," katanya saat dihubungi Antara melalui telepon genggamnya.

Menurut dia, ada empat hal pokok yang harus dikerjakan dubes, di antaranya mendatangkan investor ke Indonesia.

Hal selanjutnya adalah melakukan ekspor dari Indonesia sebanyak-banyaknya ke luar, dan mendorong dan mengajak wisatawan asing ke Indonesia.

Alex mengatakan, target pemerintah di tahun 2016 adalah mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara yang harus masuk ke Indonesia.

"Pemprov Maluku juga harus menargetkan dari jumlah tersebut berapa persen yang akan datang berkunjung ke daerah ini. Setiap Pemkab dan Pemkot harus menyiapkan strategi masing-masing untuk menarik wisatawan," ujarya.

Alex mengakui dirinya juga akan mengagendakan untuk mengundang seluruh bupati/wali kota se-Maluku serta gubernur ke Kroasia untuk mempromosikan potensi pariwisata di Maluku, ditunjang produk yang dapat diekspor.

Pemerintah lanjutnya, juga telah memberi kemudahan bagi semua jenis perizinan, termasuk izin berlabuh kapal pesiar serta perahu-perahu layar kecil, karena itu seluruh daerah di Indonesia termasuk Maluku harus siap mempromosikan daerah.

"Prinsipnya saya siap mempromosikan Maluku jika ditunjang seluruh pemda kabupaten/kota di Maluku, " tandasnya.

Sebelum menjabat duta besar, Alex litaay selama kurang lebih 15 tahun mejadi angota DPR RI. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016