Ternate, 15/1 (Antara Maluku) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Ternate, Maluku Utara berharap wisatawan mancanegara yang akan ke daerah ini menyaksikan gerhana matahari total, tidak terpengaruh insiden peledakan bom di kawasan Sarinah/Jalan Thamrin, Jakarta.

"Kami berharap wisman, terutama yang telah mengagendakan kunjungannya ke Ternate untuk menyaksikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 tidak membatalkan kunjungannya karena hanya adanya peledakan bom di Sarinah Jakarta pada Kamis (14/1)," kata Kepala Disbudpar Kota Ternate Anas Conoras di Ternate, Jumat.

Hingga awal Januari 2016 sudah tercatat sekitar 1.800 wisman yang telah mengonfirmasikan kepastian kunjungannya ke Ternate untuk menyaksikan peristiwa alam gerhana matahari total pada 9 Maret 2016, jumlah itu belum termasuk ratusan wisman yang akan melewati Ternate untuk menyaksikan gerhana matahari total di daerah lainnya di Malut, seperti Tidore Kepulauan dan Maba, Halmahera Timur.

Anas Conoras mengatakan, aparat keamanan pasti akan melakukan pengamanan secara penuh di Ternate saat terjadinya gerhana matahari total nanti, oleh karena itu wisman tidak perlu mengkhawatirkan keamanan di Ternate selama mereka berada di daerah ini.

Pemkot Ternate dan berbagai pihak terkait lainnya di daerah ini, termasuk masyarakat setempat pasti pula akan berperan aktif pula untuk menciptakan situasi keamanan kondusif selama para wisman berada di daerah bekas pusat pemerintahan Kesultanan Ternate ini.

Ia mengatakan, bentrok antar-warga di Kota Ternate pada hari Minggu lalu yang mengakibatkan dua warga meninggal dunia dan sejumlah warga lainnya terluka juga diharapkan tidak membuat para wisman membatalkan kunjungannya di daerah ini untuk menyaksikan gerhana matahari total, karena kasus itu hanya masalah biasa.

Aparat kepolisian setempat bersama pemkot telah melakukan langkah-langkah untuk menyelesaikan kasus bentrok itu, termasuk upaya mencegahnya terulang pada masa mendatang, terutama saat wisman berada di daerah ini untuk menyaksikan gerhana matahari total.

Ia menambahkan, Disbudpar Kota Ternate telah menyiapkan berbagai kegiatan menarik untuk menyambut para wisman yang akan datang menyaksikan gerhana matahari total, seperti penyiapan berbagai kegiatan kearifan lokal.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016