Ternate, 7/2 (Antara Maluku) - Dinas Tata Kota dan Pertamanan (DTKP) pemerintah kota(Pemkot) Ternate, Maluku Utara intensif menyediakan kebutuhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di semua kelurahan.

"Kami menargetkan 77 kelurahan di Ternate akan disiapkan fasilitas penerangan jalan di sepanjang jalan raya," kata Kepala DTKP Pemkot Ternate, Rizal Marsaoly, di Ternate, Minggu.

Dia mengatakan, DTKP pada 2016 fokus menyelesaikan seluruh penerangan jalan, baik yang belum dipasang maupun yang sudah rusak. Begitu pun, jalan-jalan baru yang belum tersentuh oleh penerangan.

Dia mengemukakan, DTKP memprogramkan fokus di tiga daerah diluar kota Ternate yakni kecamatan Pulau Hiri, Moto maupun Pulau Batang Dua.

Tiga kecamatan itu akan menjadi fokus utama DTKP untuk program penerangan, baik di jalan umum maupun lingkungan.

DTKP juga akan menyediakan dua buah mesin genset dengan kapasitas besar, di Pulau Batang Dua, sehingga mampu menerangi seluruh kecamatan tersebut.

Menurut Rizal, hal ini dilakukan merupakan bagian dari komitmen Pemkot Ternate terhadap kondisi daerah tersebut dari persoalan penerangan yang menjadi keluhan dari pada warga setempat.

Begitu pula, hal ini bagian dari pada pemeratan sistem penerangan di tiga kecamatan terluar di kota Ternate, yaitu, Moti, Hiri dan Pulau Batang Dua yang ditargetkan terealisasi pada 2016, sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terutama di berbagai daerah terpencil.

"Saya mengimbau kepada masyarakat di tiga kecamatan tersebut untuk bersabar, karena penerangan jalan umum maupun lingkungan sudah menjadi agenda prioritas DTKP pada 2016," kata Rizal Marsaoly. 

Pewarta: M. Ponting

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016