Ambon, 19/2 (Antara Maluku) - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dipastikan akan membuka musyawarah wilayah PKB Maluku yang dijadwalkan berlangsung pada Maret 2016 mendatang.

"Muswil akan berlangsung pada tanggal 26 Maret 2016 dan kami telah melakukan koordinasi dengan DPP PKB untuk memastikan kehadiran ketua umum partai dalam hajatan tersebut," kata Wakil Ketua DPW PKB Maluku, Habiba Pelu di Ambon, Jumat.

Ia mengungkapkan, agenda utama muswil adalah membentuk kepengurusan DPW Maluku periode 2016-2021 dan sudah terdapat sejumlah kandidat yang maju dalam bursa pencalonan, termasuk Habiba Pelu yang juga menyatakan kesiapan maju sebagai bakal calon ketua DPW.

Sebelum dilakukan muswil yang dihadiri peserta dari seluruh kabupaten dan kota di Maluku, PKB akan melakukan sejumlah kegiatan pra muswil yang berlangsung dua hari dari tanggal 24-25 Maret 2016.

"Kami di partai masih fokus untuk kegiatan muswil hingga agenda ini selesai baru membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk pilkada langsung 2017 pada lima daerah di Provinsi Maluku," ujar Habiba Pelu.

Lima daerah di Maluku yang akan menyelenggarakan pilkada serentak adalah Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Tenggara Barat, serta Kabupaten Seram Bagian Barat.

Untuk Kabupaten Maluku Tengah, PKB memiliki satu fraksi utuh karena ada empat kursi di DPRD setempat, kemudian tiga kursi di DPRD Kabupaten Buru, dua kursi di DPRD Kota Ambon, serta satu kursi di Kabupaten Buru.

Namun untuk masalah figur dari kader partai yang bisa disiapkan maju sebagai bakal calon kepala daerah nantinya akan dilihat.

"Yang jelas untuk sekarang ini PKB masih mempersiapkan diri mengadakan muswil sehingga belum ada rencana membuka pendaftaran calon kepala daerah atau wakil kepala daerah," katanya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016