Ternate, 8/3 (Antara Maluku) - Putri Thailand Maha Chakri Sirindhom membawa sedikitnya 115 warga negara itu dengan pesawat pribadi berkunjung ke Ternate, Maluku Utara, untuk menikmati Gerhana Matahari Total.

"Kehadiran Putri Thailand ini sekaligus menyerahkan bantuan bagi sejumlah sekolah di Ternate dan yang beruntung SD Negeri 50 Ternate di Tafure," kata Kabag Humas Pemkot Ternate Sutopo Abdullah di Ternate, Selasa.

Bahkan, kunjungan Putri Thailand itu sebagai tindak lanjut atas bantuan yang telah diberikan sejak Desember 2015 ke sekolah tersebut terkait dengan peningkatan gizi dan kesehatan anak.

Putri Thailand tiba di Ternate melalui Bandara Babullah Ternate tepatnya pukul 13.00 WIT. Rombongan itu disambut pejabat Pemprov Malut dan Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman.

Sutopo mengatakan kehadiran Putri Thailand Maha Chakri Sirindhom ke Ternate sebagai tamu negara untuk menikmati GMT pada Rabu (9/3) dan melakukan serangkaian kegiatan di Kota Ternate.

Kapolda Malut Brigjen Pol Zulkarnain ketika dikonfirmasi menyatakan total personel yang disiagakan untuk pengamanan Putri Thailand dan 2.600 wisatawan mancanegara lainnya di Ternate tercatat 1.290 orang.

"Personel akan disiagakan mulai dari tempat hunian Putri Thailand di Hotel Bella Internasional hingga adanya pintu pengaman dan 13 `spot` yang akan dijadikan sebagai tempat untuk menikmati GMT pada Rabu (9/3) nanti," katanya.

Ia mengatakan 1.290 personel akan membantu Polres Ternate dalam menjaga kamtimbas selama kehadiran Putri Thailand dan wisatawan mancanegara lainnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta agar masyarakat terutama pengelola transportasi dan jasa layanan lainnya untuk tidak menaikkan tarif selama para wisatawan berada di Ternate.

Begitu pula, katanya, masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa mengganggu kamtibmas, karena bisa membawa citra buruk bagi Ternate dalam mempromosikan pariwisata melalui momentum GMT.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016